Legacy Systems


Secara literal, legacy adalah warisan. Jadi, pengertian legacy systems adalah sistem-sistem lama yang masih tetap digunakan (diwariskan) meskipun sistem baru dengan teknologi yang lebih baru, lebih modern, dan lebih efisien sudah muncul. Sistem lama tetap digunakan dengan pertimbangan bahwa sistem tersebut masih berfungsi dan masih sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Legacy system sebenarnya meliputi berbagai macam prosedur dan istilah yang tidak lagi relevant untuk digunakan dengan konteks kekinian, dan bisa membingungkan pemahaman mterhadap suatu teknologi tertentu.


Istilah 'legacy" pada umumnya berkaitan dengan ukuran maupun usia sistem - misalnya mainframe yang menjalankan Linux 64-bit dan Java vintage code.

Meskipun istilah tersebut biasanya mengacu ke dunia komputer dan software, namun istilah itu juga bisa digunakan untuk mendeskripsikan berbagai perilaku manusia, metode, dan piranti. Misalnya, timber framing yang menggunakan wattle daub adalah suatu metode 'legacy' dalam konstruksi gedung.

5 comments:

  1. contoh dalam hal software aplikasi: - perusahaan fiktif 'abc' memiliki software aplikasi keuangan yang di-develope 'inhouse' oleh programmer mereka sendiri. Software aplikasi ini di host di server fiktif 'xyz'. Setelah 1 dekade dugunakan, dan didorong oleh perkembangan teknologi yang cepat dan kebutuhan bisnis yang perlu teknologi yang lebih baru, maka perusahaan 'abc' tersebut melakukan upgrade sistem baik di sisi software aplikasi maupun hardware server. Software aplikasi menerapkan sistem berbasis ERP (misalnya) dan di host di server yang lebih modern dan mendukung sistem berbasis ERP dan juga mendukung untuk virtualisasi server-server. Namun demikian, di dalam seluruh fitur yang ada di dalam sistem berbasis ERP mungkin saja ada satu atau dua fitur yang dibutuhkan oleh perusahaan namun tidak terdapat dalam sistem ERP tersebut (misalnya reporting khusus utk kebutuhan tertentu). Dan fitur tersebut ada dalam sistem lama. Sehingga sistem softwware aplikasi lama tadi tetap masih dipakai dan digunakan untuk melengkapi sistem berbasis ERP tersebut. Sistem lama baik sotware aplikasi maupun hardware nya dalam hal ini disebut sistem legacy.

    ReplyDelete