Review tentang: Teknologi Informasi dalam Knowledge Management
Bagaiaman deskripsi siklus dalam Knowledge Management System?
- Create knowledge
- Capture knowledge
- Refine knowledge
- Store knowledge
- Manage knowledge
- Disseminate knowledge
Siklus Knowledge Management |
Bagaimana deskripsi komponen-komponen dalam Knowledge Management System?
Komponen-komponen KMS meliputi komunikasi, kolaborasi, dan storage and retrieval (menyimpan dan menampilkan)
Bagaimana deskripsi bahwa Artificial Intelligent (AI) dan intelligent agents bisa menunjang Knowledge Management?
Artificial Intelligent (AI) menunjang Knowledge Managent (KM) dengan melakukan hal-hal berikut:
- Membantu proses pencarian knowledge (e.g., intelligent agents dalam pencarian web)
- Membantu membuat profil knowledge individu maupun group
- Membantu menentukan caliber knowledge ketika dimasukkan ke dan diakses dari knowledge repository
- Men-scan email, dokumen, dan database untuk menemukan knowledge, menentukan keterkaitan yang bermanfaat, memungut knowledge, atau menarik kesimpulan dari berbagai macam rules di expert systems
- Mengidentifikasi pattern dalam data (biasanya melalui neural networks)
- Memprediksi berbagai macam hasil di masa mendatang dengan menggunakan knowledge yang ada saat ini
- Memberikan saran secara langsung dari knowledge melalui neural networks atau expert systems
- Memberikan user interface KMS melalui bahasa alami atau perintah suara.
Intelligent agents menunjang KM dengan cara mempelajari apa yang dilakukan pengguna (apa yang dilihat dan di-organisasi pengguna). Kemudian intelligent agent tersebut mengambil alihnya dan memberikan informasi di desktop, persis seperti yang dilakukan oleh seorang assistant yang handal.
Bagaimana mengkaitkan XML ke Knowledge Management (KM) dan knowledge portals?
Salah satu tantangan dalam KM adalah memilih cara penyajian knowledge yang ada di dalam berbagai dokumen secara baik dan mudah. eXtensible Markup Language (XML) membantu memecahkan tantangan ini dengan memungkinakan cara penyajian struktur data yang sudah distandardkan, sehingga data bisa diproses secara pas oleh berbagai macam sistem yang heterogen tanpa pemrograman case-by-case. Jadi, semua informasi berbasis XML bisa diambil dari back-end repository dan diteruskan ke interface portal. Penerapan XML secara luas bisa membantu memecahkan problem integrasi data dari berbagai macam sumber yang berlainan. Karena potensinya dalam menyederhanakan integrasi system, XML bisa menjadi bahasa universal dari semua portal vendor.
Baca juga artikel rujukan utuh di: Teknologi Informasi dalam Knowledge Management
Bagaimana mengkaitkan XML ke Knowledge Management (KM) dan knowledge portals?
Salah satu tantangan dalam KM adalah memilih cara penyajian knowledge yang ada di dalam berbagai dokumen secara baik dan mudah. eXtensible Markup Language (XML) membantu memecahkan tantangan ini dengan memungkinakan cara penyajian struktur data yang sudah distandardkan, sehingga data bisa diproses secara pas oleh berbagai macam sistem yang heterogen tanpa pemrograman case-by-case. Jadi, semua informasi berbasis XML bisa diambil dari back-end repository dan diteruskan ke interface portal. Penerapan XML secara luas bisa membantu memecahkan problem integrasi data dari berbagai macam sumber yang berlainan. Karena potensinya dalam menyederhanakan integrasi system, XML bisa menjadi bahasa universal dari semua portal vendor.
Baca juga artikel rujukan utuh di: Teknologi Informasi dalam Knowledge Management
Comments
Post a Comment