Jenis-jenis Perubahan Dalam Organisasi

Organisasi selayaknya selalu mengantisipasi kebutuhan untuk memperbarui proses bisnis dan informasinya di dalam era lingkungan bisnis yang dinamis ini. Perubahan dalam arti yang luas merupakan suatu respon yang terencana maupun yang tak terencana untuk menghadapi berbagai macam tekanan dan kekuatan. Kebutuhan untuk berubah saat ini telah menjadi suatu titik keseimbangan atau suatu norma. Ini adalah tantangan bagi tim manajemen perubahan.
Mengelola perubahan tidak bisa disepelekan dan harus dipertimbangkan ketika mendefinisikan, mengembangkan, melaksanakan, dan mengevaluasi cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Manajemen Perubahan adalah sebuah proses yang panjang dan membosankan. Meskipun banyak perubahan dapat direncanakan dan diantisipasi, seringkali perubahan juga membawa akibat dan implikasi yang tak terantisipasi, dan bahkan yang tidak diinginkan. Perubahan sistem politik, ekonomi, teknologi, dan preferensi masyarakat selama 10 tahun terakhir telah memberikan banyak bukti kepada dunia kita yang dinamis ini. Sebagai penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov pernah menjelaskan:

Lebih mudah untuk memprediksikan mobil daripada kemacetan lalu lintas, bom atom daripada kebuntuan nuklir, pil pengontrol kelahiran daripada kemerdekaan perempuan. Dengan kata lain, perjalanan kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tak dapat ditawar, dan sampai batas tertentu, masih bisa diprediksikan. Tapi konsekuensi yang dihasilkan organisasi korporasi dan manajerial perusahaan adalah sesuatu yang jauh lebih sulit untuk dibayangkan

Beberapa individu atau organisasi bertahan dan melanjutkan perubahan hingga orang-orang yang terlibat dengan perubahan pada akhirnya menunjukan resistensinya. Masalah dengan sikap yang reaktif ini adalah bahwa pada saat reaksi negatif ditunjukkan, biasanya sudah terlambat untuk melakukan sesuatu berkaitan dengan penolakan itu. Mereka yang mengembangkan dan mengimplementasikan solusi bisnis yang inovatif harus memahami dampak dari perubahan terhadap perilaku manusia dan prinsip-prinsip untuk mengelola perubahan.  

Jenis-jenis Perubahan Organisasi

Perubahan organisasi dapat diklasifikasikan berdasarkan ruang lingkup dan kedalamannya. 
- Developmental change adalah peningkatan terhadap sistem yang sudah ada. Jika karena alasan tertentu sistem saat ini tidak sesuai dengan harapan, organisasi membuat perubahan keselarasan supaya sesuai dengan harapan. 
- Transitional change adalah implementasi suatu keadaan baru yang sudah diketahui sebelumnya. Cara-cara dalam bekerja diganti dengan proses yang baru. Kuncinya di sini adalah bahwa sistem lama digantikan dengan sistem baru dan sistem baru dikembangkan sebelum implementasi. Jenis perubahan biasanya melibatkan beberapa langkah, seperti desain, pengembangan, uji coba, dan pelaksanaan yang bertahap. 
-Transformasional change adalah munculnya suatu keadaan baru. Ini adalah perubahan radikal di mana Anda pada dasarnya membuang atau menghilangkan apa yang sudah ada untuk diganti sesuatu yang baru, tetapi keadan yang baru ini sama sekali belum diketahui. Keadaan yang baru nanti akan diketahui seiring dengan berjalannya waktu ketika organisasi me-konsep ulang misi, budaya, faktor penentu keberhasilan, bentuk, dan kepemimpinan. 

Menentukan jenis perubahan organisasi adalah sesuatu yang sangat penting. Baik kedalaman dan kompleksitas implementasi akan berkembang saat anda bergerak dari developmental, ke transitional, ke perubahan transformasional. Kebanyakan perubahan dalam sistem informasi diklasifikasikan sebagai developmental change atau transitional change

Beberapa pertanyaan penting untuk menentukan jenis perubahan yang paling cocok untuk sebuah organisasi adalah: 
1. Seberapa jauh kita akan berubah? Apakah ini terlalu jauh atau kurang cukup jauh? 
2. Apa jenis hasil yang kita inginkan dalam jangka pendek atau jangka panjang? 
3. Berapa banyak perubahan yang bisa diserap organisasi secara kumulatif dalam satu perubahan dan ? 
4. Dapatkah perubahan yang dimaksud akan disajikan secara positif? Jika tidak, mengapa? 
5. Apa yang terjadi jika kita tidak berubah?

Business Solutions, Change, and the Solution Professional, Accounting, Information Technology, And Business Solutions, by Holannder, Denna, and Cherrington, McGraw Hill

No comments:

Post a Comment

Categories

Sistem Informasi Akuntansi Informasi dan Proses Bisnis Google Did U Know? CyberCrime Knowledge Management Security Browsers Siklus Konversi (Ch. 7) BPM Business Performance Management Performance Management Seri Business Performance Management Siklus Konversi Data Mining Hacking Internet Social Networks Seri Data Mining Seri Knowledge Management Facebook Serba-serbi Wawasan Knowledge Management BSC Bab 10 Management Mobile Aplication REA Blog Gmail Microsoft Virus Youtube Categories: Balanced Scorecard IE Mobile Search Engines Spam Web Sites Yahoo Adsense Balanced Scorecard Blogspot Chrome CyberWar IT Employment Programming Languages Sistem dokumentasi Survey 4shared.com Aktivitas-aktivitas dalam akuntansi biaya (Ch. 7) Aktivitas-aktivitas dalam batch production (Ch. 7) Akuntansi aliran nilai (Value Stream Accounting) (Ch. 7) Akuntansi dalam lingkungan manufaktur ramping (lean manufacturing) (Ch. 7) Alexa Baidu Beberapa Mitos dan Blunder Dalam Data Mining Berbagai Tool Software Data Mining Berbagai macam teknik dan teknologi yang digunakan dalam lean manufacturing (Ch. 7 Bing Binus Smart Program Bug Cara Kerja Data Mining DFD Database Decision Tree Deface Definisi karakteristik dan manfaat data mining Digg Firefox Flowchart Frameworks HTML Handheld Inspiration Integrasi berbagai REA Java Javascript Jenis-jenis Atribut Data Konsep dan aplikasi data mining Lingkungan Manufaktur Tradisional Membuat model REA Messangers Metode-metode dalam Data Mining Mobile Sites Model REA Motivation Mozilla Opera Mini PHP Pembiayaan berbasis aktivitas (activity-based costing - ABC) (Ch. 7) Pendahuluan. Penerapan-penerapan Data Mining Pengendalian-pengendalian dalam lingkungan tradisional (Ch. 7) Perusahaan kelas dunia dan manufaktur ramping (lean manufacturing) (Ch. 7) Portal Project TI Proses dalam Data Mining REA & Analisa Rantai Nilai REA dan Pemodelan Database Rantai Nilai Revenue Online SAP SMS School Seri Knowledge Management (1) Seri Knowledge Management (2) Seri Knowledge Management (3) Seri Knowledge Management (4) Seri Knowledge Management (5) Seri Knowledge Management (6) Seri Knowledge Management (7) Seri Knowledge Management (8) Sistem Batch Processing (Ch. 7) Sistem informasi yang mendorong manufaktur ramping (Ch. 7) Six Sigma Social Speech Steve Jobs Technologies Terms TinyUrl Top Sites Twitter Video Decision Tree Video Online Wall Street Wikipedia Wordpress Workplace and Legal Issues e-banking e-business ethical