Apa itu Temporary Internet Files?

Temporary Internet Files adalah duplikasi dari semua halaman web, gambar-gambar, dan file-file lain yang kita akses di browser dan disimpan di hard-disk lokal kita. Semuanya disimpan di hard-disk supaya kita tidak perlu men-download seuatu halaman web setiap kali kita akses ke halaman web yang sama. Jadi bila kita klik tombol "Back" halaman itu akan tampil sangat cepat karena hanya di download dari hard-disk dan bukan dari server yang sesunggguhnya.

Temporary Internet Files membantu mempercepat akses ketika kita mengakses suatu web site tetapi browser juga mengerti bahwa mungkin kita menginginkan halaman yang sudah ter-update, maka browser akan mengecek apakah web site itu sudah ter-updates sejak terakhir kita kunjungi, dan jika browser mengetahui ada update maka browser akan mengambil data yang terakhir setelah ter-update.

Browser pada umumnya memiliki opsi untuk kita konfigurasi dalam mengatur temporary internet files ini. Temporary Internet Files sendiri adalah istilah yang digunakan oleh browser dari Microsoft (Internet Explorer) sedangkan Netscape dan Mozilla (Firefox) pada umumnya menggunakan istilah "cache".

Kita bisa membuat setting terhadap 'temporary internet files' ini dari browser yang kita gunakan dan bisa menentukan jumlah kapasitas hard-disk yang akan kita gunakan untuk menyimpan file-file tersebut, biasanya 10 - 20% dari kapasitas hard-disk adalah hal yang wajar.

Jadi apabila hard-disk anda mulai penuh ada baiknya untuk men-cek folder yang digunakan untuk temporary internet files ini dan bila perlu menghapus file-file tersebut.

Bila anda tidak ingin diketahui dari mana saja halaman-halaman web yang anda kunjungi ketika online anda bisa menghapus files-files ini, namun harap diingat bahwa browser akan selalu membuat file-file ini lagi ketika kita mulai browsing lagi.

2 comments: