Kematian Michael Jackson Membuat Server Wikipedia Down

Ketika lembaga-lembaga berita melaporkan bahwa Michael Jackson di rwat di rumah sakit pada hari Kamis siang, para editor wikipedia sangat sibuk dengan masalah apakah mengijinkan laporan yang belum terverifikasi mengenai kematian penyanyi pop itu muncul di ensiklopedia online tersebut.

Situs entertainment TMZ.com melaporkan pada jam 2:20 pm PDT bahwa, "Kami diberitahu ketika paramedis datang jantung Jackson tidak berdetak dan tidak pernah berdetak lagi."
Beberapa wikipedian berulang-ulang menghapus referensi mengenai dugaan kematian Jackson, dengan mengatakan dalam beberapa komentar terpisah bahwa "This is not yet verified," "He's not dead," "Premature edits," and "ONCE AGAIN, HE IS NOT DEAD, JUST STOP."

Tetapi mereka terlalu lambat bagi kebanyakan pengakses wikipedia yang datang ke situs tersebut dan berulangkali memodifikasi entry mengenai sang bintang pop itu. Edit yang paling khas adalah memasukkan Kamis sebagai hari kematian Jackson. Yang lain lebih bernada halus, seorang menggunakan kata "was" daripada "is", sementara yang lain menyebutnya "Invincible" his "last studio album."

Sekitar jam 3:15 pm PDT, Wikipedia nampaknya mengalami kelebihan beban untuk sementara waktu. Situs tersebut melaporkan error: "Sorry! This site is experiencing technical difficulties... Cannot contact the database server: Unknown error (10.0.6.24))"

Banyak sekali blog yang menyebarkan laporan TMZ, tetapi lembaga-lembaga berita cenderung untuk lebih berhati-hati. The Los Angeles Times awalnya melaporkan bahwa Jackson berada dalam keadaan koma, dan kemudian mengupdate artikelnya pada jam 3:15 pm PDT dengan mengatakan: "Bintang pop Michael Jackson telah diumumkan meninggal oleh para dokter siang ini setelah mengunjungi di rumah sakit dalam keadaan koma yang sangat dalam, sumber-sumber mengatakannya pada The Times" (Web server The Times juga mengalami overloaded dan hanya bisa diakses secara intermittent). Pada sekitar waktu yang sama, para editor wikipedia akhirnya mengintervensi artiket di bagian edit-and-delete-the-edits. Duan artikel mengenai Jackson dan kesehatannya dikunci selama enam jam, untuk mencegah modifikasi hingga situasi benar-benar clear.

No comments:

Post a Comment