Google Wave

Lagi, ide genius datang dari Google dengan produknya yang belakangan ini sangat populer dan menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna internet, Google Wave.
Google Wave adalah sarana komunikasi dan kolaborasi antar penggunanya. Tool baru dari Google ini didesain untuk menggabungkan berbagai jenis tool di internet yang sedang trend dan paling banyak digunakan, yaitu penggabungan antara email, im (instant messaging), wikis, dan social networking.

Kelebihannya adalah kolaborasi yang sangat real time di antara penggunanya. Bahkan antara pengguna bisa saling melihat dan mengedit langsung apa yang diketikkan huruf per huruf. Tidak perlu menunggu selesai kalimat berakhir atau menunggu di-send atau di- enter seperti layaknya percakapan di im.

Karena desainnya adalah tool untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara real time, tentu nya Google Wave tidak akan banyak manfaatnya bila anda menggunakannya sendirian. Atau tidak terlalu optimal bila daftar contact anda sedikit.

Google Wave didevelop menggunakan Java dengan IDE OpenJDK dan web interface nya sendiri menggunakan Google Web Toolkit.

Untuk menggunakan Google Wave bisa sign up di https://services.google.com/fb/forms/wavesignup/ atau mendapatkan undangan. Sayangnya, untuk sementara undangan bersifat terbatas. Satu orang hanya bisa mendapat jatah 8 undangan.

Tidak lama sejak kemunculannya Google Wave juga sudah mendapat incaran dari para scammer yang membuat undangan-undangan palsu. Karena itu ada baiknya juga waspada terhadap link-link undangan yang mencurigakan terutama dari situs-situs jejaring sosial.

1 comment: