Tips and Tricks Mobile Site Design

Memiliki situs yang bisa mobile-optimized menjadi suatu hal yang penting saat ini. Meskipun banyak smartphones seperti iPhone, Google Android, Nokia, Blackberry bisa menampilkan versi "full site", memiliki halaman web dengan format tampilan untuk layar yang lebih kecil dan dengan fitur yang memanfaatkan touch screen, geolocation, atau address book dapat membuat browsing lewat perangkat mobile jauh lebih baik dan lebih menyenangkan.


Beberapa tahun yang lalu membuat website berbasis browser mobile sangatlah susah dikarenakan banyaknya keterbatasan oleh kebanyakan browser-browser handphone. 

Saat ini, bersyukurlah atas berkembangbiaknya WebKit, yang sangat support terhadap iPhone, Android, dan peralatan yang berbasis webOS, dengan blackberry akan bergabung tahun depan, akan jauh lebih mudah untuk menentukan strategy untuk membuat website anda tampil pada platform berbasis mobile.

Bila Anda bukanlah seseorang yang mahir dengan HTML dan CSS (atau anda tidak punya banyak waktu), berikut ada sejumlah layanan yang dapat membuatkan versi mobile dari website anda.

MoFuse and MoFuse Premium - MoFuse menawarkan cara yang gampang untuk para blogger dan pebisnis untuk membuat versi mobile website. Untuk para blogger atau situs-situs yang kecil, MoFuse menawarkan MoFuse for Blogs. Ini adalah layanan gratis yang bisa dengan cepat membuat versi mobile web site anda hanya dengan menggunakan RSS feed untuk membuat situs baru dan kapanpun bisa diakses dengan mengarah ke "m.domain-anda.com". Untuk urusan bisnis dan atau situs-situs yang lebih besar, MoFuse menawarkan MoFuse Premium yang menyediakan banyak pilihan untuk customized.

Mippin - Mippin adalah layanan gratis lainnya yang bisa membuat versi mobile website anda secara cepat hanya dengan menggunakan RSS feed. Halaman mobile web yang dibuat Mippin bisa ditampilkan hampir di semua mobile phone yang kompatibel dengan WAP.

mobiSiteGalore - mobiSiteGalore bisa membuat versi mobile website anda dengan cepat dan menawarakan beberapa pilihan customization dan dapat memanfaatkan .mobi TLD. mobiSiteGalore mengijinkan anda membuat situs mobile dari komputer ataupun dari handphone anda.

1 comment: