2010 merupakan Revolusi dalam Social Media. Facebook, di Amerika sudah mengungguli trafik Google berdasarkan statistik perminggunya.Social Media berhasil mengambil alih pornografi sebagai aktifitas nomor 1 di internet. Dan 1 dari 8 orang yang menikah di Amerika adalah hasil bertemu melalui social media.
Perbandingan berbagai jenis teknologi untuk mencapai pengguna hingga 50 juta dari waktu ke waktu:
Radio - perlu waktu 38 tahun
TV - perlu waktu 13 tahun
Internet - perlu waktu 4 tahun
IPOD - perlu waktu 3 tahun
Facebook - 200 juta hanya dalam waktu kurang dari 1 tahun
iPod Application download mencapi 1 miliar dalam 9 bulan
"Kita tidak punya pilihan apakan akan menggunakan social media atau tidak, pertanyaannya adalah bagaimana kita menggunakannya dengan baik". -Erik Qualman-
Andaikata Facebook adalah sebuah negara, maka facebook adalah yang terbesar ketiga setelah China dan India. Hanya saja QQ (imqq.com) dan Renren (renren.com) masih mendominasi di china.
80% perusahaan sudah menggunakan social media untuk sarana rekrutmen, 95% diantaranya menggunakan LinkedIn.
Segment yang mengalami pertumbuhan tercepat di facebook adalah wanita berusia antara 55-65 tahun.
50% trafik internet mobile di UK adalah untuk facebook.
Generasi Y dan Z (generasi milenium) menganggap email sudah kuno.
Beberapa universitas sudah berhenti mendistribusikan akun email, dan sebaliknya mendistribusikan eReader, iPad, Tablet.
YouTube merupakan search engine terbesar ke dunia di dunia.
Twitter:
Ashton Kutcher dan Britnet Spears memiliki follower di Twitter melebihi seluruh populasi di:
- Swedia
- Israel
- Swiss
- Irlandia
- Norwegia
- Panama
Wikipedia:
Wiki adalah istilah hawai yang berarti = 'cepat'. Saat ini Wikipedia memiliki lebih dari 15 juta artikel. Menurut riset, wiki sama akuratnya dengan Encyclopedia Britannica. 78% dari artikelnya tidak dalam bahasa inggris. Seandainya anda dibayar $1 untuk setiap artikel yang anda kirim ke wikipedia maka anda akan mendapat $1.712.32 per jam.
Blog:
Ada sekita 200 juta blog di seluruh dunia saat ini. 25% hasil pencarian untuk 20 brand terbesar di dunia merupakan link-link ke user-generated content. Sebanyak 34% blogger mem-post opininya tentang produk dan brand. Data lin yang cukup mencengangkan adalah bahwa 78% konsumen percaya pada rekomendasi sesamanya. Hanya 14% yang percaya pada iklan.
Hanya 18% dari iklan melalui TV yang menghasilkan ROI yang positif.
Sedangkan di dunia cetak, 24 dari 25 koran terbesar mengalami penurunan oplah dalam sirkulasinya.
Di facebook, ada 60 juta status yang selalu terupdate setiap harinya.
Kita tidak lagi mencari berita, berita lah yang menemukan kita. Kita tidak lagi mencari produk dan jasa/layanan. Merekalah yang menemukan kita di social media.
Social media bukan lagi hal yang iseng belaka, social media adalah perubahan mendasar dalam cara kita berkomunikasi.
Perusahaan yang sukses dalam menggunakan social media lebih bertindak mirip Dale Carnegie dan tidak mirip orang gila. Mendengarkan terlebih dahulu, baru menjual setelahnya.
Selamat Datang di dunia Socialnomics. Sudah siapkah anda?
Comments
Post a Comment