Efektif atau Efisien?

Pemimpin harus memahami bahwa "mengerjakan sesuatu dengan benar tidaklah sepenting mengerjakan sesuatu yang benar." Perbandingan antara pemimpin yang effective dan yang efficient sangatlah membantu.




Efektif
Efisien
Berfokus pada hasil yang ingin dicapai Berfokus pada melakukan sesuatu dengan benar
Mencari keberhasilan Menghindari kegagalan
Hasil akhir adalah yang terpenting Cara atau sumber daya untuk melakukan sesuatu adalah yang terpenting
Berorientasi pada strategi dan membuat dan menjaga prioritas Berorentasi menjaga system yang sedang berlangsung
Menggunakan job description untuk mendefinisikan pekerjaan yang dilakukan dan menetapkan tujuan berdasarkan prioritas Melaksanakan setiap kewajiban yang dinyatakan dalam job
description dengan cara yang benar
Mencoba menemukan cara baru untuk melaksanakan tugas dengan lebih baik Menjaga status quo (hal-hal sebagaimana biasanya)
Mengantisipasi perubahan Bereaksi terhadap perubahan
Flexible ketika diperlukan ada perubahan. Inflexible -- detentukan untuk melaksanakan rencana-rencana tanpa peduli dengan suatu perubahan
Termotivasi dengan pertumbuhan Nyaman dengan menjaga sesuatu seperti biasanya
Secara konstan memberikan evaluasi kritis terhadap pekerjaan Cenderung mempertahankan apa yang sedang terjadi.
source: http://www.kubik.org/lighter/effective.htm

Posts artikel terkait:

No comments:

Post a Comment