Situs E-Banking Bank Mandiri Expired

Situs Bank Mandiri, yang merupakan salah satu situs terbesar dalam implementasi IT untuk mendukung operasi perbankan nya, cukup mengejutkan hari ini karena situs e-bankingnya di www.bankmandiri.co.id sempat non aktif yang disebabkan masalah yang sangat sepele. Situs www.bankmandiri.co.id sempat tidak aktif hari ini (06/09/2011) sampai dengan jam 15.00 hanya karena masalah nama domain yang habis masa berlakunya (expired).



Sebenarnya bila suatu domain menggunakan akhiran .co.id habis masa berlakunya cukup mengurus perpanjangan dengan membayar 100.000/tahun. Sangat murah apalagi untuk ukuran korporasi sebesar Bank Mandiri. Dan lagi, bila masa aktif domain akan habis, pihak pengelola .co.id dalam hal ini PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) akan mengirimkan notifikasi beberapa kali melalui email ke pihak admin pemilik situs.

Untuk mengurus perpanjangan nama domain pun tidaklah sulit. Cukup membayar biaya perpanjangan dan memberikan konfirmasi pembayaran. Bahkan biasanya, setelah melakukan pembayaran, sistem di PANDI juga secara otomastis mengirimkan pemberitahuan bahwa domain sudah diperpanjang. Belum tahu persis mengenai penyebab kadaluwarsanya nama domain www.bankmandiri.co.id. Namun berdasarkan pengalaman hal ini kemungkinan besar disebabkan kelalaian administrasi dari pihak Bank Mandiri.

A big  name doesn't mean perfection!

2 comments:

  1. berikut kami sajikan paper mengenai E-Banking

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1028/1/27209033.pdf

    ReplyDelete