Review tentang: Peranan Management dan Karyawan dalam Knowledge Management

Review tentang: Peranan Management dan Karyawan dalam Knowledge Management

Bagaimana deskripsi tentang peranan Chief Knowledge Officer (CKO)?
Chief Knowledge Officer (CKO) bertanggungjawab atas semua aktivitas KM yang ada dalam organisasi. Secara khusus, CKO wajib:
  • Menentukan prioritas strategi KM
  • Menentukan knowledge repository yang pas untuk best practices
  • Mendapakan komitmen dari para eksekutif senior untuk mendukung iklim pembelajaran
  • Mengajarkan kepada para pencari informasi bagaimana membuat pertanyaan yang baik dan cerdas
  • Menentukan proses untuk mengelola asset-asset intelektual
  • Mendapatkan informasi mengenai kepuasan pelanggan hamper secara real time
  • Meng-globalkan KM
Manager apa saja yang terlibat dalam Knowledge Management?
Idealnya, semuanya! Secara khusus beberapa tanggungjawab tersebut antara lain:
CEO: memperjuangkan effort KM, menentukan CKO yang tepat, menyediakan semua sumberdaya, mendapatkan dukungan di seluruh organisasi untuk usaha KM dan menyiapkan organisasi dalam menghadapi perubahan kultur yang akan disebabkan adanya KM
CFO: memastikan sumberdaya keuangan tersedia
COO: memastikan bahwa karyawan menanamkan praktik KM dalam pekerjaan sehari-hari mereka
CIO: menyediakan sumberdaya TI, termasuk KMS yang baru dan penggunaan system yang ada bila memang bisa dipakai
Para manager lain secara umum: mendukung effort KM dan menyediakan akses ke para sumber knowledge

Bagaimana deskripsi tentang Community of Practice (COP) dan kaitannya dengan Knowledge Management?
Community of Practice (COP) adalah kelompok orang dengan minat professional yang sama, independen secara peranan, geografi, atau afiliasi proyek. Contohnya, para teknisi di bidang jaminan mutu bisa membentuk suatu COP di dalam suatu perusahaan manufaktur.
COP terkait dengan KM melalui dua cara: pertama, COP adalah tempat dimana knowledge tertentu berada, dan kedua, COP adalah tempat dimana perubahan kultur organisasi berada ketika KMS diterapkan. COP juga memiliki keterkaitan lain dengan KM meskipun kurang begitu terkait.

Apakah arti pentingnya Community of Practice (COP) di dalam organisasi?
Community of Practice (COP) menambahkan value ke perusahaan setidaknya dalam enam cara:
  • Penciptaan knowledge yang berkualitas tinggi
  • Tidak akan banyak mengejutkan dan merencanakan revisi-revisi
  • Kemampuan yang lebih baik dalam berurusan dengan berbagai macam problem yang tak-terstruktur
  • Knowledge-sharing yang lebih efektif antara staf korporat dan unit bisnis
  • Kecenderungan yang lebih baik dalam mengimplementasikan tujuan bersama
  • Pengembangan dan pembelajaran individu yang lebih efisien
Baca juga artikel rujukan utuh di: Peranan Management dan Karyawan dalam Knowledge Management

No comments:

Post a Comment