Berbagai Software Text Mining - Seri Text Mining dan Web Mining (5)

Karena nilai pemanfaatan text mining semakin lama semakin disadari oleh berbagai organisasi atau perusahaan, jumlaj software yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan software maupun perusahaan nirlaba juga terus meningkat. Berikut ini adalah berbagai software text mining yang paling popular yang diklasifikasikan berdasarkan software komersial dan software gratis (freeware).

Software komersial

Berikut adalah beberapa software yang paling popular yang digunakan dalam text mining. Perlu dicatat bahwa banyak perusahaan yang menawarkan versi demo untuk produk mereka di website mereka.
  1. ClearForest menyediakan berbagai tool visualisasi dan analisa teks
  2. IBM Intelligent Miner Data Mining Suite, yang saat ini terintegrasi penuh dengan software IBM InfoSphere Warehouse, meliputi text mining dan data mining.
  3. Megaputer Text Analyst menyediakan analisa semantic untuk teks yang bebas bentuk/format, summarization (peringkasan otomatis), clustering, navigation, dan retrieval bahasa alami dengan pemfokusan pencarian dinamis.
  4. SAS Text Miner memberikan paket yang sangat komplit untuk pemrosesan dan analisa teks.
  5. SPSS Text Mining for Clementine mengekstrak konsep-konsep inti, sentiment-sentimen, dan keterkaitan yang dihasilkan dari catatan-catatan di call-center, blog, e-mail, dan data lainnya yang tak-terstruktur dan mengonversinya menjadi format terstruktur untuk pemodelan prediktif.
  6. The Statistica Text Mining memberikan fungsionalitas text mining yang mudah digunakan dengan kemampuan visualisasi yang luar biasa.
  7. VantagePoint memberikan berbagai tampilan grafis yang interaktif dan tool analisa dengan  kemampuan yang sangat hebat dalam menyingkap pengetahuan/knowledge yang berasal dari database teks.
  8. The WordStat (analysis module dari Provalis Research) menganilsa informasi teks seperti berbagai response atau jawaban yang berasal dari berbagai pertanyaan terbuka, interview, dll.
Software Gratis (Free)

Berbagai software gratis, beberapa diantaranya adalah open source, kebanyak tersedia dari berbagai organiasi nirlaba:
  1. GATE adalah piranti (toolkit) open source yang paling unggul untuk text mining. Tool ini memiliki framework (atau SDK) open source yang gratis dan lingkungan development visual (GUI).
  2. LingPipe adalah paket libari dari Java untuk analisa linguistic dari bahasa manusia
  3. S-EM (Spy-EM) adalah system klasifikasi teks yang belajar dari sampel-sampel yang positif dan tak-berlabel.
  4. Vivisimo/Clusty adalah mesin pencari web dan clustering teks

No comments:

Post a Comment