Berbagai Tool Untuk SEO Gratis Yang Wajib Dicoba

Mengurusi SEO (Search Engine Optimizatin) mungkin adalah hal yang melelahkan dan menghabiskan waktu - meskipun tidak selalu menghabiskan uang. Untungya, ada banyak sekali tool untuk SEO baik yang berbasis cloud maupun aplikasi yang bisa di-download yang bisa memudahkan pekerjaan SEO ini.

Menurut para pakar SEO dan rekomendasi dari komunitas SEO mengenai berbagai macam tool SEO yang gratis, termasuk didalamnya untuk riset keyword dan backlink, bisa diidentifikasi ada beberapa tool SEO gratis yang menjadi favorit mereka. Beberapa benar-benar gratis dan beberapa, paling tidak, gratis sampai fungsionalitas tertentu -- beberapa menyediakan akses terbatas dan selebihnya harus membayar. Tetapi, bahkan untuk yang versi gratisnya pun sudah sangat cukup untuk menjamin rekomendasi dari para pakar SEO di komunitas SEO. Berikut adalah daftar berbagai tool SEO gratis yang menjadi favorit para pakar SEO:

1. Screaming Frog SEO Spider untuk audit SEO
Screaming Frog SEO Spider adalah software yang bisa didownload gratis yang bisa melakukan
berbagai macam hal, yang berfokus pada audit teknikal pada situs yang berfungsi untuk menunjukkan problem yang mungkin memberi impak negatif pada peringkat di search engine. Tool ini sangat detil dan sangat sederhana untuk digunakan.
Tool ini melakukan crawl yang lengkap pada situs kita. Elemen-elemen yang dicek sangat lengkap dan mendalam, mulai dari meta data, meta robot tags dan canonical tags hingga ke response time, jumlah kata dan kode-kode status. Software ini gratis, tetapi terbatas untuk crawl 500 url yang kita berikan. Untuk lisensinya pertahun sekitar 150$.

2. SEMrush untuk riset keywords dan analisa yang kompetitif
SEMrush adalah piranti gratis yang memberikan kita wawasan terhadap kinerja keyword, seperti situs
mana saja yang berada dalam 100 besar hasil pencarian di google untuk keyword tertentu. Kita juga bisa memasang url-url untuk mendapat informasi tentang trafik situs-situs, iklan-iklan keyword, trafik organik vs trafik iklan, keywords organik, dan masih banyak lainnya.
SEMrush memberikan berbagai alat ukur engagement yang detil dan informasi backlink, dan juga informasi yang menarget keyword, pada situs apapun yang kita tentukan. SEMrush bisa kita gunakan untuk membuat keputusan tentang SEO on-site maupun off-site. SEMrush memiliki fitur-fitur premium, namun dengan versi gratisannya saja sudah sangat bermanfaat. Untuk versi berbayar biayanya sekitar 70$ sebulan.

3. Ubersuggest untuk riset keyword
Ubersuggest ini mirip fitur autocomplete dan keyword-suggestion dari Google. Ketik saja satu

keyword, pilih bahasa dan jenis kontennya (misalkan web, images atau news), dan tool ini menyarankan istilah-istilah yang terkait dimana si pencari biasa menggunakannya di Google maupun di situs-situs lain.
Ubersuggest akanmembantu kita untuk menghasilkan ide-ide dan mengembangkan kumpulan keyword dasar menjadi banyak sekali pilihan. Kita bisa menjalankan keyword-keyword tersebut melalui Google Kwyword Planner untuk mendapatkan metrik-metrik yang lebih detil dan menyelaraskan dengan situasi kita.

4. Google Keyword Planner untuk riset keyword
Google's Keyword Planner adalah tool untuk mengetahui volume pencarian suatu keyword dan
tingkat kompetisinya, dan mendapatkan informasi tentang biaya rerata per-klik. Dengan tool ini, kita bisa tahu keyword mana saja yang paling efektif untuk menarget bisnis kita. Tool ini juga bisa bermanfaat dalam menemukan keyword-keyword yang panjang yang seringkali merupakan permata tersembunyi.
Kita juga bisa menguji situs kompetitor kita di kotak url tool ini untuk melihat keyword apa saja yang menonjol pada situs tersebut. Tool ini sangat dahsyat, dan setiap SEO wajib menggunakannya untuk riset keyword.

5. KWFinder untuk riset keyword
KWFinder membantu mengetahui  keyword yang panjang dengan tingkat kompetisi yang rendah. Kita bisa melakukan lima pencarian per hari, hingga 50 keywords per pencarian, untuk versi gratisnya. Tool ini mampu mengubah keyakinan kita tentang bagaimana orang mencari di search engine. Kita bisa mengetik query ideal kita dan tool ini akan memberikan kita informasi tentang jumlah trafik pencarian dari Google, estimasi tentang biaya per klik, dan skor tingkat kesulitan SEO-nya, yang merupakan alat ukur yang sangat mantap untuk mengetahui tingkat seberapa sulit untuk muncul dalam halaman pertama pencarian. KWFinder juga memberikan hasil pencarian terkait. Untuk versi berbayarnya sekita 29$ per bulan.

6. Google Search Console untuk maintenance situs
Sebelumnya disebut dengan Google Webmaster Tools, Google Search Console sangat populer tetapi kadang-kadang diabaikan dan diremehkan.
Google Search Console ini adalah tool gratis dan sangat berguna untuk menentukan berbagai macam error yang bisa mempengaruhi peringkat hasil pencarian di Google. Tool ini bisa menunjukkan beberapa error seperti 404/Page Not Found yang mungkin tidak ada di Screaming Frog SEO Spider. Kita juga bisa menggunakan fitur/tool 'Fetch as Google' untuk meminta Google melakukan crawl ulang ke suatu url kita, atau seluruh situs yang mungkin lebih cepat dibadingkan bila Google melakukannya secara alami. Tool/fitur 'Fetch as Google juga bisa berjalan baik untuk situs berbasis desktop maupun mobile

7. SEOCentro SEO Analyzer digunakan untuk analisa situs dan konten
SEOCentro's SEO Analyzer adalah tool SEO gratisan yang sangat brilian. Meskipun tool ini tidak akan memberitahukan bagaimana membetulkan problem SEO pada situs kita, tetapi tool ini akan memberikan snapshot yang mantap tentang bagian-bagian mana yang berjalan dengan baik dan mana yang sedang error atau tidak berjalan. Pastikan untuk scroll ke bawah untuk melihat keywords penting apa saja di halaman web tersebut. Bila keyword kita ternyata adalah 'read more' atau 'baca selanjutnya' atau semacamnya, maka kita harus melakukan optimasi konten.

8. Panguin untuk cek Penguin dan Panda
Tool Panguin gratis dari Barracuda Digital yang berbasis di U.K. ini menganalisa situs dan melakukan cek terhadap berbagai macam masalah, termasuk dampak yang mungkin terjadi dari update Penguin dan Panda dari Google. Tool yang hebat ini masuk ke akun Google Analytics kita dan secara spesifik melihat hanya pada trafik organik saja. Panguin sangat membantu khususnya bila kita ingin menilai kinerja tren suatu situs.



9. Website Penalty Indicator untuk melakukan cek Penguin, Panda dan and mobile-friendly
 Tool lain yang disarankan untuk melakukan cek terhadap penalti Google adalah Website Penalty Indicator, yang memberikan grafik trafik organik suatu situs disertai juga dengan timeline dari update algoritma Penguin, Panda, dan mobile-friendly dari Google. Bila kita sedang mempertimbangkan untuk membeli suatu domain atau ingin melakukan suatu riset tingkat kompetisi, tool ini memberikan informasi yang cepat dan mudah untuk mengetahu apakah situs atau domain tersebut sudah terkena oleh update algoritma Google.


10. Yoast SEO untuk optimisasi situs berbasis WordPress
Yoast SEO adalah plug-in gratisan untuk situs-situs dan blog-blog berbasis wordpress, dan bagi situs-
situs tersebut ini adalah suatu hal yang wajib. Tool ini memberikan pilihan untuk mengubah judul halaman dan metadata untuk masing-masing halaman atau post, dan memberi kita petunjuk dasar SEO yang berdasarkan keyword yang kita inginkan sembari membantu kita untuk membuat dan meng-kustomisasi sitemaps XML, dan masih banyak hal lainnya. Plug-in ini juga memberikan feedback pada usaha SEO kita pada post, halaman, dengan menggunakan lingkaran hijau, kuning, dan merah.


11. SEO SpyGlass digunakan untuk analisa tingkat kompetisi dan analisa backlink
SEO SpyGlass adalah tool yang bisa di download secara gratis dan sangat penting digunakan untuk
memonitor profil backlink situs kita dan menemukan sumber-sumber backlink dari kompetitor. Tool ini memberikan banyak sekali detil, lebih dari tool serupa lainnya. Jumlah data yang dikumpulkan, dari mana data dikumpulkan, semuanya bisa kita kendalikan.
Tidak seperti tool-tool serupa lainnya, kita bisa menjalankan analisa dengan interval yang tak teratur dan bukan berdasark siklus yang teratur. Ini terutama sangat penting apabila ada suatu perubahan besar yang terjadi dan kita ingin meng-update laporannya dengan cepat. Untuk mengakses fitur-fitur tambahannya akan dikenakan biaya one-time sekitar 124.75$ atau 299.75$ tergantung fitur yang kita pilih.

12. Moz Open Site Explorer untuk analisa backlink dan otoritas situs
Tool-tool di Moz SEO sebagian besar tersedia dengan biaya sekitar 99@ per bulan atau lebih. Tetapi
kita masih bisa menggunakan salah satu fiturnya yang menarik secara gratis, yaitu Open Site Explorer. Open Site Explorer adalah tool analisa link yang brilian yang memberikan informasi tentang berbagai inbound links, authority, page link metrics, top pages, linking domains, dan top landing pages. 
Tool ini juga memberikan penanganan pada authority dari seluruh situs atau suatu halaman tertentu. Dengan mengetahui titik-titik data tersebut, kita bisa melakukan optimasi halaman-halaman dengan menggunakan authority yang sudah ada sehingga halaman-halaman tersebut menjadi lebih baik, dan kita bisa membuat strategi link-building lebih lanjut yang akan meningkatkan authority online kita.

13. Varvy Seo Tool digunakan untuk analisa situs dan konten
Tool SEO Varvy ini gratis dan memberikan informasi sekilas tentang bagaimana kinerja situs kita
dan kontennya, mulai dari jumlah domain yang me-link ke situs kita hingga ke 'mentions' media sosial. Cukup pasang saja ke halaman manapun pada situs kita dan lihat saja hasil-hasil SEO nya akan muncul.  Tool ini membantu menyediakan informasi yang lebih jauh tentang area-area yang menjadi perhatian besar, seperti optimisasi image, optimisasi konten, masalah-masalah teknis situs, kecepatan situs, dan link-link nya.

14. Google Analytics untuk custom reports
Google Analytics (GA) mungkin adalah tool SEO gratis yang paling diketahui, tetapi tool untuk custom reporting nya seringkali kurang dimanfaatkan atau bahkan tidak digunakan sama sekali. GA Custom Reports mendorong kita untuk memilih berbagai dimensi, seperti kota, dan metrik-metrik lainnya, yang bisa meliputi bounce rates dan page views, untuk melihat kinerja situs yang custom dan real-time. Contohnya, GA Custom Reports mendorong kita untuk melihat dengan mudah hari apa dalam seminggu yang paling populer untuk masing-masing jenis kelamin dan kelompok umur yang mengunjungin situs kita, dan siapa di dalam masing-masing demografi tersebut yang terjadi konversi paling banyak. Apabila dikombinasikan dengan tool lainnya seperti GA dan Moz, kita bisa mendapatkan gambaran mengapa demografik tertentu bisa atau tidak bisa terjadi konversi.

15. TinEye untuk pencarian image dengan cara berlawanan arah
TinEye adalah tool gratis untuk pencarian image dengan arah sebaliknya yang sangat bermanfaat untuk strategi SEO berdasarkan pencarian image. Jadi kita bisa membuat strategi backlink dengan cara menyetorkan image-iamge atau gambar-gambar yang high-quality ke situs-situs penyimpan image/gambar, dan kemudian men-cek dengan menggunakan TinEye siapa saja yang telah menggunakan image-image tersebut. Kemudian kita email si pemilik situs tersebut dan menceritakan bagaimana kita bisa memiliki image-iamge tersebut dan kemudian meminta mereka apakah bersedia membuat link ke situs kita. Kita bisa menggunakan TinEye plug-in pada Chrome sehingga cukup dengan klik kanan pada suatu image kita bisa menyuruh TinEye melihat isi web tersebut. Browser-browser seperti Firefox, Safari, IE, dan Opera juga memiliki plug in untuk TinEye.

Artikel terkait yang perlu Anda baca:

3 comments:

  1. Wah senjatanya lengkap banget.

    ReplyDelete
  2. @Frans, tetapi tidak perlu dipakai semua...cukup yg paling nyaman dan relevan saja supaya ada balance antara work-time-tools

    ReplyDelete
  3. Thank you for this post. All the tools you have compiled in this post, are awesome and offers great deal to perform SEO.

    I would like to suggest one of mine favorite tool - WebmasterToys.com, this is 100% Free SEO Tools

    ReplyDelete