Review Topik Pengambilan Keputusan: Pendahuluan & Definisi

Review tanya-jawab tentang Pengambilan Keputusan, Sistem, Pemodelan, dan Support

1. Apa saja berbagai aspek dalam pengambilan keputusan?

Aspek-aspek dalam pengambilan keputusan yang penting untuk dipahami jika kita mengembangkan sistem pendukung berbasis komputer yang efektif adalah sebagai berikut:
  • karakteristik pengambilan keputusan, seperti groupthink, eksperimentasi, dan membludaknya informasi.
  • gaya keputusan para pengambil keputusan
  • tujuan para pengambil keputusan
  • disiplin-disiplin ilmu yang mendukung, gaya dan bagaimana semua itu berkaitan dengan karakteristik pribadi dari pembuat keputusan, dan sifat dasar kelompok yang terlibat dalam keputusan (jika ada).
  • rasionalitas si pembuat keputusan. Seorang pembuat keputusan tidak seharusnya hanya menerapkan berbagai macam tool IT secara membabi buta. Sebaliknya, pembuat keputusan mendapat dukungan melalui pendekatan rasional yang menyederhanakan realitas dan menyediakan sarana yang relatif cepat dan murah untuk mempertimbangkan berbagai program alternatif yang terbaik atau solusi yang baik untuk suatu masalah.
2. Mengapa pengambilan keputusan sangat kompleks dalam lingkungan bisnis saat ini?

Lingkungan bisnis saat ini sangat dinamis. Sementara keputusan sedang dibuat, perubahan mungkin saja terjadi pada lingkungan seputar pengambilan keputusan. Perubahan tersebut dapat saja membatalkan asumsi-asumsi dimana keputusan tersebut didasarkan.

Adanya tekanan waktu dari perubahan-perubahan dalam lingkungan pengambilan keputusan bisa mempengaruhi kualitas keputusan apabila mamaksakan situasi tekanan waktu tersebut pada si pembuat keputusan. Lingkungan bisnis yang cepat berubah sering membutuhkan keputusan cepat, yang sebenarnya bisa merugikan kualitas keputusan. Faktor-faktor lain adalah, biaya dan pengeluaran (uang, waktu, tenaga) dalam mengumpulkan informasi dan menganalisis masalah, disertai dengan sulitnya menentukan kapan harus berhenti dan membuat keputusan; kurangnya informasi yang cukup untuk membuat keputusan yang cerdas; dan mungkin justru sebaliknya yaitu tersedianya terlalu banyak informasi (information overload).

3. Apa saja kemiripan dan perbedaan antara pengambilan keputusan individu versus kelompok?
  • Pengambil keputusan individu membutuhkan akses ke data dan ke para ahli yang dapat memberikan saran, sementara kelompok memerlukan tambahan tool untuk kolaborasi.
  • Seringkali ada tujuan yang bertentangan/berbeda dalam pengambilan keputusan kelompok, tetapi hal ini tidak akan terjadi pada individu.
  • Dalam kelompok dapat saja memiliki ukuran/besar-kecilnya yangg berubah-ubah dan mungkin saja berisi orang-orang dari departemen yang berbeda atau dari organisasi yang berbeda. Karena itu individu-individu yang berkolaborasi disitu mungkin memiliki gaya kognitif yang berbeda, tipe kepribadian yang berbeda, dan gaya keputusan yang berbeda. Beberapa bentrokan/konflik bisa saja terjadi, sedangkan yang lainnya saling menunjang satu sama lain.
  • Konsensus mungkin saja menjadi masalah politik yang sulit dalam pengambilan keputusan kelompok dimana hal seperti itu menjadi tidak masalah dalam pengambilan keputusan individual.
  • Untuk alasan-alasan seperti ini dan yang sejenisnya, pengambilan keputusan dalam kelompok bisa lebih rumit daripada pengambilan keputusan individu.
4. Bandingkan apa yang disebut dengan pengambilan keputusan versus pemecahan masalah. Jelaskan apakah masuk akal atau tidak apabila kita membedakan keduanya.

Keduanya adalah kegiatan/proses yang sangat mirip. Beberapa orang menganggap pengambilan keputusan adalah sebagai tiga langkah pertama dalam keseluruhan proses pemecahan masalah. Beberapa orang lainnya menggunakan istilah itu secara bergantian. Orang-orang yang membedakan antara keduanya menganggap bahwa proses pengambilan keputusan adalah proses pembuatan rekomendasi, sedangkan pemecahan masalah meliputi pelaksanaan/implementasi dari rekomendasi (dan mungkin monitoring terhadap dampaknya untuk menentukan apakah masalah sudah diselesaikan atau belum).
Karena para ahli pada topik ini saling berbeda pendapat tentang apakah masuk akal atau tidak bila membedakan antara dua konsep ini, jadi tidak ada satu jawaban yang benar untuk bagian kedua dari pertanyaan ini.

5. Apakah yang dimaksud dengan gaya keputusan dan jelaskan mengapa hal itu penting untuk dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan?

Gaya keputusan adalah cara di mana si pembuat keputusan berpikir dan bereaksi terhadap masalah. Hal ini penting untuk dipertimbangkan karena gaya keputusan yang berbeda memerlukan jenis dukungan yang berbeda.

Daftar link terkait topik 'Decision Making, Systems, Modeling, and Support':

No comments:

Post a Comment