Review Topik Pemodelan dan Analisa: Analisa Keputusan Dengan Tabel Keputusan Dan Pohon Keputusan

1. Apa yang dimaksud dengan tabel keputusan (decision table)?

Tabel keputusan adalah cara untuk mengorganisasi informasi secara sistematis (dalam bentuk seperti tabel) supaya siap untuk dianalisis. Biasanya, keputusan ditampilkan di sepanjang satu sumbu (misalnya secara vertikal), dan kondisi alami nya berada di sisi lainnya (horizontal). Berbagai macam hasil yang dapat dihasilkan dari keputusan apapun, dengan ditentukan kondisi alaminya, kemudian dapat dengan mudah dilihat dalam satu kolom (atau baris).

2. Apa yang dimaksud dengan pohon keputusan (decision tree)?

Pohon keputusan adalah representasi lain dari situasi pengambilan keputusan, di mana pilihan dan keadaan alaminya ditunjukkan sebagai node-node sepanjang cabang-cabang pohon. Berbagai macam hasil yang dapat dihasilkan dari keputusan apapun, dengan ditentukan keadaan alaminya, kemudian dapat dengan mudah dilihat dengan mengikuti semua cabang-cabang dari keputusan hingga ujung akhir.

3. Bagaimana pohon keputusan digunakan dalam pengambilan keputusan?

Dengan menunjukkan ke si pembuat keputusan hasil yang mungkin yang dihasilkan dari pilihan yang diberikan, pohon keputusan memberikan informasi ke si pengambil keputusan dan  kemudian digunakan untuk membandingkan berbagai pilihan.

4. Apa yang dimaksud dengan memiliki banyak tujuan?

Memiliki banyak tujuan berarti bahwa si pembuat keputusan berharap untuk mendapatkan kombinasi terbaik dari beberapa faktor, yang semuanya tergantung pada keputusan yang akan dibuat. Misalnya, seorang siswa mungkin ingin menemukan seorang instruktur yang menghibur, memiliki reputasi yang baik dalam mengajar, mendapatkan nilai dengan mudah, memberikan sedikit pekerjaan rumah, dan yang memiliki jadwal pertemuan yang cocok. Ini akan sulit, atau mungkin malah tidak mungkin, untuk mencapai semua itu pada saat yang bersamaan. Banyak tujuan memerlukan kemauan untuk dikompromikan.

Daftar link terkait review topik: pemodelan dan analisa:

No comments:

Post a Comment