Review Topik Pemodelan dan Analisa: Simulasi Interaktif Visual

1. Apa yang dimaksud dengan simulasi visual dan bandingkan dengan simulasi konvensional.

Simulasi visual adalah simulasi yang menggunakan representasi grafis untuk menunjukkan situasi kepada pengguna akhir. Simulasi ini melakukan segala sesuatu yang dilakukan oleh simulasi konvensional, yaitu semua teknik untuk melakukan eksperimen (misalnya analisis 'bagaimana-jika') dengan komputer digital pada pemodelan sistem manajemen, hanya saja simulasi ini melakukannya secara visual dan menyenangkan dan informatif. Simulasi interaktif visual adalah jenis simulasi visual di mana masukan yang diberikan secara langsung kepada representasi visual dari sistem, dengan hasil riil yang cepat.

2. Jelaskan fitur-fitur VIS (visual interactive simulation) (misalnya, VIM atau visual interactive model) yang membuatnya menarik bagi para pengambil keputusan.

Daya tarik utama dari VIS (VIM) adalah tampilan grafisnya. Jenis interaksi seperti ini dapat membantu para manajer mempelajari situasi pengambilan keputusan, meskipun beberapa orang merespon tampilan grafis dengan lebih baik dibanding yang lain. Para manajer non-teknis, yang mungkin tidak mengerti data dalam tabel atau grafik, dapat memahami apa yang terjadi dalam presentasi visual dengan mudah.

3. Bagaimana VIS digunakan dalam manajemen operasi?

Menurut banyak sumber, VIS (VIM) "telah digunakan dalam beberapa keputusan manajemen operasi." Contoh yang diberikan misalnya termasuk operasi pabrik dan garis tunggu dalam jalur antrian. Keduanya berhubungan, karena banyaknya antiran dalam garis tunggu menunjukkan operasi pekerjaan yang tidak seimbang. Dengan VIS, manajer bisa melihat pekerjaan yang sedang berjalan menumpuk dalam suatu proses - yang berarti jauh lebih murah dibandingkan dengan melihat langsung antrian/tumpukan di pabrik riil!

4. Bagaimana sebuah film animasi seperti aplikasi VIS?

Sebuah film animasi adalah (dengan teknik animasi modern; pertanyaan ini bukan tentang animasi yang digambar tangan beberapa dekade yang lalu) representasi yang dihasilkan komputer dari suatu sistem fisik, seperti halnya aplikasi VIS. Sementara beberapa film animasi menggunakan komputer hanya untuk menghasilkan karya seni dan untuk mengisi kesenjangan antara frame-frame kunci yang dibuat secara manual, yang lain menggunakan algoritma kompleks untuk mensimulasikan gerakan realistis animasi orang atau hewan, menghitung lintasan benda-benda fisik dan menentukan apa yang terjadi ketika dua benda berinteraksi (misalnya, kendaraan yang menabrak dinding). Ini adalah aplikasi VIS yang sesungguhnya, bahkan sekalipun tujuannya tidak untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen.

Daftar link terkait review topik: pemodelan dan analisa:

No comments:

Post a Comment