Review Topik Pemodelan dan Analisa: Struktur Model-model Matematika Untuk Pendukung Keputusan

1. Apa yang dimaksud dengan variabel keputusan (decision variable)?

Suatu variabel keputusan (decision variable) adalah elemen data dikontrol oleh pembuat keputusan, dimana berbagai macam kemungkinan nilainya bisa menjelaskan beberapa alternatif.

2. Jelaskan dengan singkat mengenai tiga komponen utama dari pemrograman linear (linear programming).

Dari empat komponen dari setiap model matematika yang digunakan untuk pendukung keputusan, pemrograman linear menggunakan variabel hasil (result/outcome variables), variabel keputusan (decision variable) dan variabel bebas/tak terkendali (parameter). Model-model pemrograman linear tidak menggunakan komponen keempat, yaitu variabel hasil antara (hasil sementara atau intermediate result).
Teteapi ada kemungkinan jawaban lain yang mungkin yang tidak terkait dengan konsep pada bagian ini. Misalnya, orang bisa mengatakan bahwa tiga komponen utama dari pemrograman linear adalah fungsi objektifnya, variabel keputusannya, dan batasan-batasannya.

3. Jelaskan tentang peran variabel hasil antara (intermediate result).

Variabel hasil antara adalah hasil dari salah satu bagian dari suatu model, yang pada gilirannya akan menjadi input ke bagian lain dari model. Perannya adalah untuk menyederhanakan proses pemodelan dengan memecah suatu masalah yang kompleks menjadi beberapa sub-masalah yang sederhana, untuk menyajikan data yang menjadi pusat perhatian manajemen yang mungkin tidak terlihat antara sistem input dan sistem output akhir, dan untuk membantu dalam melakukan debugging suatu model dengan membantu si pembuat model untuk mencari penyebab kesulitan-kesulitannya.

Struktur model matematika (model kuantitatif)
Daftar link terkait review topik: pemodelan dan analisa:

No comments:

Post a Comment