Review Topik: Subsistem Manajemen Model

1. Model diklasifikasikan sebagai strategis, taktis, atau operasional. Apa tujuan dari klasifikasi seperti itu? Berikan contoh masing-masing jenis model.

Tujuan dari klasifikasi ini adalah untuk menunjukkan pentingnya keputusan dan menunjukkan apa tingkat manajerial yang bertanggung jawab untuk pelaksanaannya. Dengan mengetahui jenis model juga memungkinkan orang untuk menarik kesimpulan tentang strukturnya dan komunitas penggunanya tanpa mengetahui lebih banyak tentang hal itu. 
  • Model strategis mendukung perencanaan strategis dari manajemen puncak; misalnya, pemeriksaan akuisisi, diversifikasi, dan merger. 
  • Model taktis mendukung manajemen menengah terutama dalam alokasi sumber daya dan pengontrolan. Misalnya, keputusan tentang menyewa-atau-membeli atau menyusun rencana promosi besar. 
  • Model operasional mendukung manajer menengah dan supervisor untuk keputusan jangka pendek; misalnya, menilai dampak yang mungkin muncul pada jadwal kerja harian dan mingguan.
2. Bandingkan fitur dan struktur MBMS (Modelbase Management System) dengan DBMS (Database Management System).

DBMS mencakup database yang berisi data yang relevan dan dikelola oleh perangkat lunak manajemen database melalui kamus data, didukung oleh fasilitas-fasilitas query dan fasilitas-fasilitas untuk pelaporan. Informasi diambil dari kedua sumber data internal dan eksternal. Sejalan dengan itu, 

MBMS mencakup statistik, ilmu manajemen, atau model-model kuantitatif lainnya yang memberikan kemampuan analitis sistem, dan manajemen model untuk mengkoordinasikan penggunaannya. MBMS berisi direktori model yang mirip dengan direktori data dari DBMS. Eksekusi model, integrasi, dan fasilitas untuk pemroses perintah mirip dengan berbagai fasilitas untuk query dan pelaporan pada DBMS dimana disitu memungkinkan pengguna untuk mengakses model apa pun sesuai dengan kebutuhan yang meminta.

3. Mengapa pemilihan model untuk SPK/DSS sulit?

Pemilihan model ini sulit karena membutuhkan keahlian untuk memahami model yang tersedia, bidang-bidang penerapannya dan kekuatan dan kelemahannya.

4. Bagaimana komponen pengetahuan bisa membantu dalam pemilihan model?

Suatu komponen pengetahuan bisa membantu dalam pemilihan model dengan cara menangkap pengetahuan dari manusia (seorang pakar) mengenai penerapan model yang berbeda dalam situasi yang berbeda, membuatnya tersedia untuk orang-orang yang memiliki kurang keahlian di bidang ini.

Daftar link terkait review topik: Konsep Sistem Pendukung Keputusan, Metodologi, dan Teknologi:

No comments:

Post a Comment