Review Topik: Subsistem Manajemen Berbasis Pengetahuan

1. Apa saja tool-tool berbasis pengetahuan yang bisa menjadi sistem manajemen berbasis pengetahuan?

Sistem seperti ini dapat mencakup sistem pakar (expert systems), jaringan saraf tiruan (artificial neural networks), intelligent agents, logika samar (fuzzy logic), penalaran berbasis kasus (case-based reasoning), dan sebagainya.

Beberapa orang mungkin ingin membedakan antara tiga poin pertama dengan poin dua terakhir. Sistem pakar (expert systems), jaringan saraf tiruan (artificial neural networks) dan agen cerdas (intelligent agents) adalah tool-tool perangkat lunak. Logika samar (fuzzy logic) dan penalaran berbasis kasus (case-based reasoning), sebaliknya, dapat dianggap sebagai konsep yang sangat berguna, yang dapat dimasukkan ke dalam berbagai tool apapun, dan bukan tool itu sendiri.
Masalah ini adalah masalah penafsiran dari kata 'tool'. Jika diartikan sebagai perangkat lunak, maka lebih tepat untuk mengecualikan dua poin terakhir. Tetapi jika dipahami lebih umum, keduanya juga harus dimasukkan.

2. Apa saja kemampuan sub-sistem manajemen berbasis pengetahuan yang bisa diberikan pada SPK/DSS baik secara total atau pada masing-masing komponen?

Komponen berbasis pengetahuan bisa menyediakan keahlian untuk memecahkan beberapa aspek tentang masalah keputusan atau bisa juga memberikan pengetahuan untuk meningkatkan pekerjaan komponen-komponen SPK/DSS lainnya. Sebagai contoh manfaat pertamanya adalah, bahwa suatu sistem pakar bisa menggabungkan berbagai macam aturan untuk membantu memilih routing terbaik untuk pesawat sehingga bisa tiba di sebuah pangkalan perawatan tepat sebelum 400 jam terbang sebagai jadwal wajib perawatan, sehingga menghilangkan penerbangan yang tidak produktif dan mahal . Sebagai contoh manfaat keduanya adalah, bahwa suatu sistem pakar bisa menjelaskan urutan terbaik di mana untuk memroses akses database untuk query yang kompleks.

Daftar link terkait review topik: Konsep Sistem Pendukung Keputusan, Metodologi, dan Teknologi:

No comments:

Post a Comment