10 Peran Manajemen Menurut Mintzberg

Untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajerial seperti membuat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, implementasi, evaluasi, dan pengontrolan, para manajer harus terlibat secara mendalam dalam proses pembuatan keputusan secara kontinyu. Tingkat produktivitas atau tingkat keberhasilan manajemen bergantung pada kinerja berbagai fungsi manajerial tersebut. Menurut kajian dari Mintzberg ada 10 peran utama dalam fungsi manajerial yang terbagi menjadi tiga kategori. 10 peran manajerial tersebut adalah seperti berikut:

Interpersonal
  • Figur kepala: Kepala simbolis; berkewajiban untuk melakukan sejumlah tugas rutin yang bersifat hukum atau sosial.
  • Pemimpin: Bertanggung jawab atas motivasi dan aktivasi bawahan; bertanggung jawab untuk kepegawaian, pelatihan, dan tuga-tugas terkait.
  • Penghubung: Menjaga jaringan yang dikembangkan sendiri dari kontak di luar dan informan yang memberikan keuntungan dan informasi.
Informational
  • Monitor: Mencari dan menerima berbagai informasi khusus (sebagian besar saat ini) untuk mengembangkan pemahaman yang menyeluruh dari organisasi dan lingkungan; muncul sebagai pusat saraf informasi organisasi baik internal maupun eksternal.
  • Penyebar: Mengirim informasi yang diterima dari pihak luar atau dari bawahan kepada anggota-anggota organisasi; beberapa adalah informasi faktual, beberapa memerlukan interpretasi dan integrasi.
  • Juru Bicara: Menyalurkan informasi ke pihak luar tentang rencana, kebijakan, tindakan, hasil-hasil organisasi, dan sebagainya; berfungsi sebagai pakar tentang industri organisasi
Decisional
  • Entrepreneur: Mencarikan organisasi dan lingkungannya berbagai macam peluang dan memulai proyek-proyek untuk perbaikan untuk membawa perubahan; mengawasi desain proyek tertentu.
  • Penangan masalah/gangguan: Bertanggung jawab untuk tindakan korektif ketika organisasi menghadapi gangguan serius yang tak terduga.
  • Pengalokasi sumber daya: Bertanggung jawab untuk alokasi sumber daya organisasi dari segala macam efek dari pembuatan atau penyetujuan semua keputusan organisasi yang penting.
  • Negosiator: Bertanggung jawab untuk mewakili organisasi pada perundingan penting untuk mendukung dan meningkatkan pengambilan keputusan, suatu tugas utama yang merupakan bagian dari sebagian besar peran ini.
Sumber: Diadaptasi dari Mintzberg (1980) dan Mintzberg (1993).

No comments:

Post a Comment