Pengertian Komunikasi untuk Pengembangan

Komunikasi untuk Pengembangan (atau Communication for Development) mengacu pada penerapan strategi dan prinsip-prinsip komunikasi di negara berkembang menuju demokrasi politik, meningkatnya tingkat produktivitas dan industrialisasi, tingkat melek huruf yang tinggi, dan harapan hidup yang lebih panjang. Secara khusus, inisiatif ini mempromosikan pertumbuhan politik, ekonomi dan pendidikan.

Ada empat fungsi dari Komunikasi untuk Pengembangan :
  • Memfasilitasi akses terhadap informasi
  • Menstimulasi partisipasi masyarakat
  • Memberdayakan orang
  • Mempengaruhi kebijakan publik


Beberapa Contoh

Sayangnya agak sulit menemukan contoh komunikasi untuk pengembangan melalui media sosial di Indonesia. Hanya ada beberapa contoh yang bisa disebutkan misalnya channel media sosial (youtube, facebook, instagram) dari Indonesian Youth & Sinergi Muda Indonesia. Channel youtube dari Presiden Jokowi juga bisa menjadi contoh yang bagus sebagai bentuk komunikasi untuk pengembangan (termasuk facebook, instagram dan twitter-nya). Beberapa aktivitas melalui media sosial d Indonesia untuk komunikasi jenis ini masih dilakukan secara sporadis oleh individu-individu dan masih kurang terupdate secara sistematis. Jika ada yang ingin memberi tambahan contoh lain untuk konteks indonesia, bisa menuliskannya di kolom komentar 😊😊

No comments:

Post a Comment