Agen Berbasis Pengetahuan (Knowledge Based Agents)

Apa yang dimaksud dengan Agen Berbasis Pengetahuan (Knowledge-Based Agents) dalam kecerdasan buatan?

Kita sebagai manusia bisa tahu tentang banyak hal; dan apa yang kita ketahui membantu kita melakukan berbagai hal. Hal ini memang betul. Manusia membuat klaim yang kuat tentang bagaimana kecerdasan mereka bisa dicapai — bukan melulu dengan mekanisme refleks tetapi oleh proses penalaran yang berjalan pada representasi internal pengetahuan manusia. Dalam kecerdasan Buatan (AI), pendekatan kecerdasan ini diwujudkan dalam bentuk agen berbasis pengetahuan (Knowledge Based Agents).
Komponen utama dari agen berbasis pengetahuan (Knowledge Based Agents) adalah KNOWLEDGE BASE, atau disingkat KB. Knowledge Base (atau basis pengetahuan) adalah sekumpulan kalimat. (Di sini "kalimat" digunakan sebagai istilah teknis. Hal ini terkait tetapi tidak identik dengan kalimat dalam bahasa iinggris atau bahasa alami atau bahasa manusia lainnya.) Setiap kalimat diekspresikan dalam bahasa yang disebut dengan knowledge representation language atau bahasa representasi pengetahuan dan mewakili beberapa pernyataan tentang dunia nyata. Kadang-kadang kita menyebut kalimat dengan nama aksioma, ketika kalimat itu diambil sebagai ketetapan (ditetapkan) tanpa diturunkan dari kalimat lain.

Kemudian di dalam agen semacam ini (knowledge based agents), harus ada cara/mekanisme untuk menambahkan kalimat baru ke KB (basis pengetahuan) dan cara/mekanisme untuk membuat query tentang apa yang diketahui. Istilah standard yang umum untuk operasi semacam ini adalah TELL dan ASK. Kedua operasi tersebut mungkin melibatkan proses inferensi — yaitu, menurunkan kalimat baru dari yang kalimat yang sudah ada. Inferensi atau kesimpulan harus mematuhi persyaratan bahwa ketika seseorang mengajukan pertanyaan ke KB (basis pengetahuan), jawabannya harus mengikuti dari apa yang telah diinputkan (atau sudah TELL-ed) ke KB (basis pengetahuan) sebelumnya.

--o0o--

Artikel terkait:

1 comment: