Perbedaan Raster/Bitmap vs Vector

Apa perbedaan Raster/Bitmap vs Vector?

Raster/Bitmap: 
  • Sering disebut dengan paint (painting)
  • Digunakan untuk menghasilkan image yang bersifat ‘photo-realistic’ dan untuk menggambar yang kompleks yang memerlukan detil-detil yang bagus 
  • File format: gif, jpeg, png 
  • File berisi image (yang tersusun dari pixel-pixel) 
  • Bisa di dapatkan dengan cara membuat image dengan software untuk menggambar, screenshot melalui aplikasi komputer, mengambil gambar dari kamera, scanner, dll. 
  • Software terkait: paint, director, photoshop, kadang-kadang banyak juga yang membuat menggunakan software berorientasi vector seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, In Design, dll 
Keunggulan 
  • Menyajikan detil informasi dengan cepat 
  • Menyajikan gambar (mirip) dunia nyata (real life) 
Kelemahan 
  • Bergantung pada resolusi 
  • Efek terhadap kualitas gambar (zoom/strecth dll) 
  • Ukuran file besar
Menghitung ukuran file bitmap
Rumus menghitung ukuran file raster/bitmap
dimana:

  • width adalah lebar gambar dalam pixel
  • height adalah tinggi/panjang gambar dalam pixel
  • colour depth adalah kedalaman warna atau jumlah bit yang digunakan untuk menyusun warna dalam satuan bits per pixel

catatan, jangan lupa bahwa:

  • 1024 bytes = 1 kilobyte (KB)
  • 1024 kilobytes = 1 megabyte (MB)

contoh:

  • Sebuah gambar dengan ukuran 640 x 480 pixel dan 24-bit colour akan memiliki ukuran file sebesar:

contoh menghitung ukuran file gambar

Vector: 
  • Sering disebut dengan draw (drawing) 
  • Digunakan untuk menggambar garis, kotak, lingkaran, poligon, dan bentuk-bentuk graphis lain yang secara matematis disajikan dengan sudut, koordinat, dan jarak. Object-object yang dihasilkan bisa diisi dengan warna dan pola dan kita bisa memilihnya sebagai satu object tunggal 
  • Vector menggunakan koordinat cartesian untuk menyajikan titik-titik dalam 2 dimensi 
  • File berisi instruksi untuk menggambar (bukan gambarnya itu sendiri) 
  • Format file: svg, dll 
  • Software: Adobe Illustrator, Adobe Freehand, Adobe flash, Microsoft Silverlight 
Keunggulan 
  • Jumlah data yang digunakan untuk menyajikan gamar relatif kecil.
  • Jadi, tidak memerlukan banyak memori untuk menyimpan data.
  • Mudah untuk dimanipulasi (edit). 
Kelemahan 
  • Tingkat detil yang terbatas yang bisa disajikan dalam suatu gambar.

No comments:

Post a Comment