Apa perbedaan Raster/Bitmap vs Vector?
Raster/Bitmap:
- Sering disebut dengan paint (painting)
- Digunakan untuk menghasilkan image yang bersifat ‘photo-realistic’ dan untuk menggambar yang kompleks yang memerlukan detil-detil yang bagus
- File format: gif, jpeg, png
- File berisi image (yang tersusun dari pixel-pixel)
- Bisa di dapatkan dengan cara membuat image dengan software untuk menggambar, screenshot melalui aplikasi komputer, mengambil gambar dari kamera, scanner, dll.
- Software terkait: paint, director, photoshop, kadang-kadang banyak juga yang membuat menggunakan software berorientasi vector seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, In Design, dll
- Menyajikan detil informasi dengan cepat
- Menyajikan gambar (mirip) dunia nyata (real life)
Kelemahan
- Bergantung pada resolusi
- Efek terhadap kualitas gambar (zoom/strecth dll)
- Ukuran file besar
Menghitung ukuran file bitmap
dimana:
catatan, jangan lupa bahwa:
contoh:
Vector:
Rumus menghitung ukuran file raster/bitmap |
- width adalah lebar gambar dalam pixel
- height adalah tinggi/panjang gambar dalam pixel
- colour depth adalah kedalaman warna atau jumlah bit yang digunakan untuk menyusun warna dalam satuan bits per pixel
catatan, jangan lupa bahwa:
- 1024 bytes = 1 kilobyte (KB)
- 1024 kilobytes = 1 megabyte (MB)
contoh:
- Sebuah gambar dengan ukuran 640 x 480 pixel dan 24-bit colour akan memiliki ukuran file sebesar:
contoh menghitung ukuran file gambar |
Vector:
- Sering disebut dengan draw (drawing)
- Digunakan untuk menggambar garis, kotak, lingkaran, poligon, dan bentuk-bentuk graphis lain yang secara matematis disajikan dengan sudut, koordinat, dan jarak. Object-object yang dihasilkan bisa diisi dengan warna dan pola dan kita bisa memilihnya sebagai satu object tunggal
- Vector menggunakan koordinat cartesian untuk menyajikan titik-titik dalam 2 dimensi
- File berisi instruksi untuk menggambar (bukan gambarnya itu sendiri)
- Format file: svg, dll
- Software: Adobe Illustrator, Adobe Freehand, Adobe flash, Microsoft Silverlight
Keunggulan
- Jumlah data yang digunakan untuk menyajikan gamar relatif kecil.
- Jadi, tidak memerlukan banyak memori untuk menyimpan data.
- Mudah untuk dimanipulasi (edit).
Kelemahan
- Tingkat detil yang terbatas yang bisa disajikan dalam suatu gambar.
Comments
Post a Comment