Contoh Pengujian Beban pada Aplikasi Web

Maksud dari pengujian beban adalah untuk menentukan bagaimana WebApp dan lingkungan sisi servernya akan merespons berbagai kondisi pemuatan. Saat pengujian berlangsung, permutasi ke variabel berikut menentukan serangkaian kondisi pengujian:
N, adalah jumlah pengguna bersamaan
T, adalah jumlah transaksi online per unit waktu
D, adalah data load yang diproses oleh server per transaksi
Dalam setiap kasus, variabel-variabel ini didefinisikan dalam batas operasi normal sistem. Ketika setiap kondisi pengujian dijalankan, satu atau lebih tindakan berikut dikumpulkan, yaitu: rata-rata respons pengguna, rata-rata waktu untuk mengunduh unit data standar, atau rata-rata waktu untuk memproses transaksi. Kita harus memeriksa langkah-langkah ini untuk menentukan apakah penurunan kinerja yang drastis dapat ditelusuri ke kombinasi spesifik dari variabel N, T, dan D.

Pengujian beban juga dapat digunakan untuk menilai kecepatan koneksi yang disarankan untuk pengguna WebApp. Throughput keseluruhan, P, dihitung dengan cara berikut:
P = N x T x D
Sebagai contoh, pertimbangkan situs berita olahraga populer. Pada saat tertentu, 20.000 pengguna secara bersamaan mengirimkan permintaan (transaksi, T) rata-rata setiap 2 menit sekali.

Setiap transaksi membutuhkan WebApp untuk mengunduh artikel baru yang rata-rata panjangnya 3K byte. Oleh karena itu, throughput dapat dihitung sebagai:
P = [20.000 x 0,5 x 3Kb] / 60 = 500 Kbytes / detik
   = 4 megabit per detik
Oleh karena itu koneksi jaringan untuk server harus mendukung kecepatan data ini dan harus diuji untuk memastikannya.

--o0o--
Referensi: 
Software Engineering - A Practitioner's Approach - Roger S. Pressman / Bruce R. Maxim


Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment