Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Pengujian Aplikasi Web

Dimensi-dimensi yang perlu dipertimbangkan untuk pengujian aplikasi web
Pada pengujian aplikasi web, terdapat beberapa dimensi kualitas yang harus diperhatikan, antara lain:
a. Content (kontent web), dievaluasi pada kedua level semantic dan syntactic.
b. Function (fungsionalitas), diuji kebenaran, stabilitasnya, dan kesesuaian general hingga standar implementasi yang layak.
c. Structure (struktur), dinilai untuk memastikan bahwa fungsi dan konten dari aplikasi web disampaikan dengan benar, dapat diperluas, dapat didukung sebagai konten baru atau penambahan fungsionalitas.
d. Usability (kemanfaatan), diuji untuk memastikan bahwa setiap kategori dari user didukung oleh interface, serta dapat mempelajari dan mengaplikasikan semua navigasi yang dibutuhkan.
e. Navigability (ke-navigasi-an), diuji untuk memastikan semua semantic dan sintaks navigasi dilaksanakan utnuk menemukan error navigasi.

f. Performance (kinerja web), pengujian performance dilakukan dalam berbagai kondisi operasi, konfigurasi, dan loading untuk memastikan bahwa sistem responsive akan interaksi user.
g. Compatibility (kompatibilitas), diuji dengan menjalankan aplikasi web dalam berbagai konfigurasi host yang berbeda untuk client dan server.
h. Interoperability (interoperabilitas/cross platform), diuji untuk memastikan bahwa aplikasi web memiliki interface yang layak sesuai dengan interface aplikasi atau/dan database lainnya.
i. Security (keamanan), diuji untuk menilai potensi kerentanan dan berusaha untuk mengeksploitasi setiap kerentanan yang ditemukan.

No comments:

Post a Comment