Perbedaan Antara Array dan Associative Array

Perbedaan Array dan Associative Array, secara singkat adalah pada indeks yang digunakan untuk mengakses elemen dalam array. Array menggunakan indeks bertipe integer yang terurut dimulai dari 0. Sedangkan Associative Array menggunakan indeks yang didefinisikan sendiri oleh pemrogram. Berikut deskripsi lebih detail perbedaan antara Array vs Associative Array:

1. Array

Array adalah agregat homogen dari elemen data di mana elemen individual diidentifikasi oleh posisinya dalam agregat, relatif terhadap elemen pertama. Elemen data individual dari suatu array adalah dari tipe yang sama. Referensi ke masing-masing elemen array ditentukan menggunakan ekspresi subskrip.
Contoh initialisasi array di bahasa pemrograman PHP:
$colors = array("Red", "Blue", "Yellow", "Green"); 
atau 
$colors[0] = "Red";
$colors[1] = "Blue";

2. Associative Array

Associative array adalah kumpulan elemen data yang tidak diurut yang diindeks oleh sejumlah nilai yang disebut keys. Dalam kasus non-associative array, indeks tidak perlu disimpan (karena keteraturannya). Namun, dalam associative array, keys yang ditentukan pengguna harus disimpan dalam struktur. Jadi setiap elemen dari associative array sebenarnya adalah sepasang entitas, key, dan nilai.
Contoh initialisasi associative array di bahasa pemrograman PHP:
$nilai = array("TP"=>"90", "TK"=>"80", "Ujian"=>"85"); 
atau 
$nilai['TP'] = "90";
$nilai['TK'] = "80";

No comments:

Post a Comment