Skip to main content

Teks dalam Multimedia

Text adalah data yang terdiri dari karakter-karakter yang menyatakan kata-kata atau lambang-lambang untuk berkomunikasi oleh manusia dalam bentuk tulisan.

Di dalam System Multimedia, produk multimedia bergantung pada text untuk banyak hal. Antara lain:
  • Untuk menjelaskan bagaimana cara kerja sebuah aplikasi
  • Untuk memandu user dalam menjelajahi sebuah aplikasi
  • Menyampaikan informasi yang dirancang aplikasi
Penggunaan teks dalam multimedia antara lain: 
  • untuk judul dan headline (apa isinya), 
  • menu (ke mana harus pergi), 
  • navigasi (bagaimana cara ke sana), 
  • dan isi (apa yang dapat dilihat ketika sudah ke sana).
Hal-hal yang perlu diperhatikan dan panduan menggunakan teks :
  • Gunakan kata-kata yang ringkas.
  • Menggunakan tipe font yang sesuai.
  • Dibuat agar mudah dibaca.
  • Perhatikan tipe style dan warna.
  • Gunakan batasan tertentu dan konsisten.
Bagaimana text dapat digunakan secara efisien, yaitu antara lain untuk:
  • Komunikasi Data
    • Nama dan alamat pelanggan.
    • Informasi harga dari produk.
  • Menjelaskan Konsep dan Ide
    • Pernyataan misi perusahaan.
    • Perbandingan prosedur medis.
  • Klarifikasi Media Lain
    • Label pada tombol, ikon, dan layar.
    • Captions dan callouts untuk grafis.
Keuntungan dan kerugian Penggunaan Text
  • Keuntungan
    • Relatif murah untuk diproduksi.
    • Menghadirkan ide-ide abstrak secara efektif.
    • Menjelaskan media lain.
    • Menyediakan kerahasiaan.
    • Mudah diubah atau diperbaharui.
  • Kerugian
    • Kurang mudah diingat dibandingkan dengan media visual lainnya.
    • Membutuhkan perhatian lebih dari user dibandingkan dengan media lainnya.
    • Dapat menjadi rumit.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Binding dalam Bahasa Pemrograman dan Kapan Terjadinya

Binding dimaksudkan sebagai pengikatan (association) antara suatu entity dengan atributnya, misalnya binding/pengikatan antara suatu variable dengan tipe datanya atau dengan nilainya, atau dapat juga antara suatu operasi dengan simbol, misalnya simbol + dikenali sebagai operasi penjumlahan atau simbol ^ dikenali sebagai operasi pangkat, dll.  Peristiwa binding dan kapan terjadinya binding (biasanya disebut dengan binding time ) berperan penting dalam membicarakan semantics suatu bahasa pemrograman. Beberapa kemungkinan binding time adalah:

Contoh proses normalisasi relasi dari UNF ā€“ 1NF ā€“ 2NF ā€“ dan 3NF

Dalam posting tulisan tentang: ā€œTujuan dan Manfaat Normalisasi dalam Perancangan Databaseā€ , kita sudah mempelajari tentang: ā€œApa itu normalisasiā€ dan ā€œMengapa kita perlu melakukan normalisasiā€. Kedua pertanyaan itu sudah terjawab dalam tulisan tersebut.  Kemudian dalam posting tulisan tentang: ā€œKonsep Ketergantungan Fungsional, Normalisasi, dan Identifikasi Primary Key dalam Perancangan Sistem Databaseā€ , kita sudah mempelajari suatu konsep penting yang digunakan untuk melakukan normalisasi, yaitu konsep ketergantungan fungsional yang terdiri dari ketergantungan penuh, ketergantungan parsial atau sebagian, dan ketergantungan transitif. Proses normalisasi pertama-tama dilakukan dengan mengidentifikasi adanya ketergantungan-ketergantungan tersebut dalam relasi-relasi dan kemudian menghilangkannya. Cara melakukan normalisasi, mengidentifikasi berbagai macam ketergantungan, dan menghilangkan ketergantungan pada relasi-relasi bisa dipelajari ulang dalam postingan tulisan d...

Latihan Soal Jawab Matematika Diskrit

Berikut di bawah ini adalah latihan soal jawab untuk matematika diskrit dengan topik-topik: Pernyataan Logika Circuits dan Ekspresi Boolean Argumen (valid/tidak valid) Teori Himpunan Permutasi Fungsi --o0o-- Pernyataan Logika 1. Buatlah tabel kebenaran untuk menentukan yang mana tautology dan yang mana contradiction dalam pernyataan logika (a) dan (b) di bawah ini: a. (p āˆ§ q) āˆØ (āˆ¼p āˆØ (p āˆ§ āˆ¼q)) b.  (p āˆ§ āˆ¼q) āˆ§ (āˆ¼p āˆØ q)