Pengertian Tipe Data Primitif dalam Bahasa Pemrograman

Tipe data primitif adalah tipe data yang tidak didefinisikan di dalam tipe data yang lain. Bandingkan dengan tipe data String yang terdiri dari rangkaian karakter - atau array of characters. Jadi String bukan tipe data primitif karena mengandung tipe data lain yaitu char (karakter). Tetapi ada sebagian kecil bahasa pemrograman yang sudah tua yang menjadikan String sebagai tipe data primitif.

Tipe-tipe data yang termasuk tipe data primitif antara lain:

Tipe Numerik. Banyak sekali bahasa pemrograman di masa-masa awal hanya memiliki tipe data primitif numerik. Tipe numerik masih memainkan peranan utama diantara berbagai macam kumpulan tipe data lain yang ada dalam bahasa pemrograman modern. Yang termasuk tipe data numerik antara lain:
  • Integer. Ini adalah tipe data numerik primitif yang paling umum dijumpai. Tipe data integer terbagi menjadi beberapa tipe data yang dikategorikan berdasarkan ukuran integernya. Beberapa tipe data yang termasuk tipe data integer, urut berdasarkan ukuran integernya adalah: byte, short, int, dan long.
  • Floating-point. Ini adalah tipe data yang memodelkan bilangan riil tetapi mekanisme penyajiannya adalah hanya pendekatan sampai ke nilai tertentu. Sebagian besar bahasa pemrograman memiliki dua tipe floating-point, yaitu float dan double.
  • Complex. Beberapa bahasa pemrograman memiliki tipe data complex, seperti Fortran dan Python. Nilai bilangan complex disajikan sebagai pasangan nilai floating-point. Di Python misalnya, bagian imajiner dari biilangan complex ditentukan dengan j ata J, misalnya
(7 + 3j) 
Bahasa-bahasa yang memiliki tipe data complex juga memiliki operasi aritmatika untuk bilangan complex.
  • Decimal. Tipe data ini biasanya dimiliki oleh bahasa-bahasa pemrograman yang didesain untuk memdukung aplikasi-aplikasi sistem bisnis (misalnya COBOL, C# dan F# memiliki tipe data ini).
Tipe Boolean. Ini adalah tipe data yang paling sederhana diantara tipe data yang lain, karena tipe data ini hanya memiliki dua nilai yaitu true dan false.

Tipe Character. Tipe data ini disimpan dalam komputer sebagai numerik. Dalam sistem lama pengkodean yang paling banyak digunakan adalah 8-bit kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange), yang menggunakan rentang nilai antara 0 sampai 127 untuk men-kode-kan 128 karakter.

No comments:

Post a Comment