Berbagai Piranti dan Teknik Utama Dalam Pendukung Keputusan Manajerial - Seri Tanya Jawab DSS & BI (8)

Bagaimana Sistem Pendukung Keputusan (DSS) dan Business Intelligence (BI) diimplementasikan akan bergantung pada berbagai piranti/tools yang digunakan.
Banyak sekali tools dan teknik telah dikembangkan selama bertahun-tahun untuk mendukung pengambilan keputusan manajerial. Beberapa diantaranya muncul dengan nama dan definisi yang berbeda-beda.
Berikut adalah hal-hal yang lebih detil mengenai berbagai tools dan teknik dalam pendukung keputusan manajerial.

Apa saja sembilan kategori utama untuk berbagai piranti pendukung keputusan atau decision support tools?
Sembilan kategori utama untuk decision support tools: data management, reporting status tracking, visualization, business analytics, strategy and performance management, communication dan collaboration, knowledge management, intelligent systems, dan enterprise systems.

Bagaimana Web dapat memfasilitasi penggunaan perangkat (decision support tools) ini? 
Web memfasilitasi penggunaan tool ini dengan menyediakan akses, termasuk cara yang umum dan familiar untuk mengakses berbagai jenis software yang ada di manapun dan cara yang standar bagi DSS untuk mendapatkan data dari sumber manapun

Apa yang dimaksud dengan sistem hybrid dan apa manfaatnya?
Sistem hybrid adalah sistem yang mengkombinasikan beberapa tool/perangkat dengan teknik-teknik penyelesaian masalah. Manfaatnya adalah  mengambil  keuntungan dari kekuatan semua tool/perangkat yang digunakan, tidak memaksa system menggunakan satu tool/ perangkat saja karena itu bisa kuat di beberapa area dan lemah di area lainnya.

Link-link terkait seri tanya-jawab decision support systems dan business intelligence:

No comments:

Post a Comment