Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Komputer - Seri Tanya Jawab DSS & BI (3)

Mulai dari penggunaan sistem komputer secara tradisional seperti dalam sistem payroll dan fungsi pembukuan, saat ini sistem berbasis komputer sudah masuk sangat jauh ke area manajerial yang sangat kompleks.

Bagaimana kemampuan komputasi komputer berkembang dari waktu ke waktu? 
Aplikasi computer telah berkembang dari proses transaksi dan monitoring ke analisis masalah dan aplikasi solusi dengan menggunakan teknologi berbasis Web. Piranti kecerdasan bisnis (Business intelligence tools) seperti  data warehousing, data mining, online analytical processing, dashboards, dan penggunaan Web untuk membantu pengambilan keputusan (decision support) telah menjadi batu penjuru manajemen modern. Sistem informasi jaringan berkecepatan tinggi telah menjadi kebutuhan untuk membantu para manajer melakukan tugas terpentingnya yaitu pengambilan keputusan. 

Sistem komputer saat ini sudah memiliki berbagai kemampuan yang bisa memfasilitasi pengambilan keputusan dalam beberapa cara.

Kemampuan komputasi apa saja yang dapat memfasilitasi pengambilan keputusan manajerial? 
Kemampuan dalam hal kecepatan komputasi, komunikasi dan kolaborasi yang semakin baik, produktivitas anggota kelompok meningkat, pengelolaan data yang baik, pengelolaan data warehouses, kualitas dan pendukung ketangkasan (agility support), mengatasi  keterbatasan kognitif manusia dalam memroses dan menyimpan informasi, menggunakan Web, dan kemampuan untuk mengakses informasi dimanapun, kapanpun. 

Bagaimana komputer dapat membantu keterbatasan kognitif manusia? 
Komputer  dapat menyimpan, mengakses dan memproses informasi yang sangat banyak di luar kemampuan pikiran manusia untuk melakukannya. 

Mengapa Web dianggap penting untuk decision support?
Karena Web menyediakan: (1) akses ke berbagai data, informasi, dan pengetahuan yang ada di seluruh dunia; (2) user interface yang umum dan user friendly; (3) kemampuan untuk berkolaborasi secara efektif dengan mitra yang jauh; dan (4) tersedianya alat pencari yang cerdas yang memampukan para manajer menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan murah.

Link-link terkait seri tanya-jawab decision support systems dan business intelligence:

No comments:

Post a Comment