Java Script dan PHP sedang naik daun dalam open source development

Bahasa apakah yang paling populer digunakan oleh para developer open source?

Jawaban ini tergantung bagaimana anda mendefinisikan tentang popularitas.

Menurut penelitian oleh Black Duck, vendor yang menganalisa kode-kode pemrograman, C menyajikan 40% dari semua kode-kode yang digunakan dalam software open source.

Black Duck menggunakan ukuran dengan menghitung baris-baris kode aktual. Meskipun C berada di puncak bila menggunakan ukuran tersebut, PHP dan JavaScript sedang naik daun bila kita melihat potret yang lebih luas mengenai implementasi project-project berbasis open source.

"Kebanyakan project berbasis open source menggunakan lebih dari satu bahasa," menurut Peter Vercuso, executive vice president of marketing and business development dari Black Duck. Ada 36% dari semua project yang dirilis tahun lalu menggunakan JavaScript di dalamnya.


Dengan melihat selama 12 bulan kebelakang, JavaScript memiliki 7.6% dari semua baris kode. Menurut Black Duck. Penggunaan JavaScript meningkat 2.1% dalam hal jumlah baris kode dalam 12 bulan terakhir.


"Jumlah total baris kode adalah satu ukuran yang diterapkan, " kata Vercuso. "Anda sepenuhnya benar bila ini juga bisa memberi point bagi penggunaan bahasa dengan baris kode yang bertele-tele. Untuk menyeimbangkannya, kami juga menjalankan analisa dimana kami menghitung berapa kali suatu project menggunakan bahasa tertentu - dengan mempertimbangkan bahwa project-project bisa menggunakan berbagai bahasa.

Dengan menggunakan metric yang sama, Black Duck mendapati bahwa 32% dari semua project open source menggunakan C dalam 12 bulan terakhir, dan menempatkannya dalam peringkat nomor dua setelah JavaScript dengan 36%.

C++ mendapatkan 26% dari project-project open source dan mewakili 13% dari semua kode yang dihitung perbaris selama rilis 12 bulan yang lalu.

PHP naik menjadi 17% dari semua project open source dan memiliki 5.2% dari semua kode.

Black Duck juga menganalisa untuk bahasa apa yang paling unggul bila project-project hanya menggunakan satu bahasa tunggal saja (paling banyak digunakan). Dalam analisa tersebut, Perl menduduki ranking pertama dengan 15% dari semua project dalam 12 bulan terakhir. Java dan C# sama-sama dalam posisi kedua dengan 11%, dan JavaScript nomor tiga dengan 10%.

"Perhatikan bagaimana Java dan Perl berada pada posisi puncak, yang berarti bahwa project-project open source menggunakan bahasa-bahasa tersebut sebagai bahasa yang dominant," kata Vercuso.

No comments:

Post a Comment