Review tentang: Aktivitas dalam Knowledge Management
Mengapa perusahaan perlu inisiatif untuk Knowledge Management (KM)?
Karena Knowledge Management (KM) sangat bermanfaat, dan hal itu tidak akan terjadi dengan sendirinya.
Knowledge Management (KM) pada era kini lebih bermanfaat dibandingkan dengan masa lalu karena adanya kompetisi yang semakin kental, pasar global, dan (sebagian karena) meningkatnya mobilitas pekerjaan individu.
Apakah proses yang terjadi dalam knowledge creation?
Knowledge creation adalah pembentukan wawasan baru, ide-ide baru, atau rutinitas-rutinitas baru. Hal tersebut adalah interaksi antara tacit dan explicit knowledge, seperti spiral yang terus berkembang, knowledge juga selalu berkembang diantara berbagai level individu, kelompok, dan organisasi. Ada empat jenis mode dalam knowledge creation:
Socialization: mengubah tacit knowledge menjadi tacit knowledge yang baru melalui interaksi sosial dan pengalaman bersama diantara anggota organisasi.
Combination: menciptakan explicit knowledge baru dengan cara memadukan, mengkategorikan, mengklasifikasikan ulang, dan mensintesakan explicit knowledge yang sudah ada.
Externalization: mengubah tacit knowledge menjadi explicit knowledge yang baru.
Internalization: menciptakan tacit knowledge baru yang berasal dari explicit knowledge.
Apa karakter dalam proses knowledge sharing?
Terjadi bila ada kepercayaan, kepedulian atau minat, dan bahasa bersama yang sama
Perlu akses ke para anggota yang berpengetahuan luas
Perlu suatu kultur yang ditandai dengan otonomi, redundancy, keragaman keperluan, keinginan, dan fluktuasi
Apakah yang dimaksud dengan knowledge seeking (atau knowledge sourcing)?
Proses pencarian dan penggunan akan knowledge internal organisasi.
Baca juga artikel rujukan utuh di: Aktivitas dalam Knowledge Management - Seri Knowledge Management (3)
Comments
Post a Comment