Review tentang: Beberapa Pendekatan terhadap Knowledge Management


Apa yang dimaksud (atau definisi) mengenai pendekatan proses terhadap Knowledge Management (KM)?
Pendekatan proses mencoba mencatat atau menuliskan knowledge organisasi melalui bentuk-bentuk formal seperti teknologinya, prosesnya, aturannya, dsb. Pada umumnya menggunakan teknologi informasi (TI) seperti intranet dan datawarehousing.

Apa yang dimaksud dengan pendekatan praktis terhadap Knowledge management (KM)?
Pendekatan praktis terhadap Knowledge Management (KM) beranggapan bahwa sebagian besar knowledge organisasi adalah tacit sehingga bentuk-bentuk yang formal seperti aturan dan proses tidaklah efektif dalam mendistribusikan knowledge. Fokus dari pendekatan ini adalah membangun komunitas praktis(i)

Mengapa pendekatan campuran (hybrid) terhadap Knowledge Management (KM) sangat diperlukan?
Karena kedua pendekatan tersebut (baik proses maupun praktis) memiliki kelemahan.  Dengan menggunakan keduanya dengan komposisi yang paling pas, biasanya secara perlahan akan menjadikan pendekatan praktis menjadi perndekatan proses, keuntungan dari keduanya bisa didapatkan sambil meminimalkan dampak kelemahan-kelemahannya.

Bagaimana mendeskrispsikan best practices sehingga berkaitan dengan Knowledge management (KM)?
Ada dua kemungkinan dan interpretasi yang sangat berbeda dengan pertanyaan ini: (a) apa yang dimaksud best practices dalam Knowledge Management (KM)? dan (b) bagaimana Knolwedge Management (KM) bisa membantu organisasi menyebarkan dan menerapkan best practices karena terkait dengan berbagai pekerjaan didalamnya?
Untuk sementara disini akan mengacu ke yang kedua. Pada awalnya knowledge repository hanya berbentuk list best practices dan membuatnya tersedia di perusahaan dan kemudian menjadi sistem on-line, berbentuk web, sehingga bisa berdampak lebih luas bagi pemanfaatan knowledge di dalam perusahaan.
Lebih jauh lagi, bisa dikategorikan ada empat level best practices mulai dari yang terendah hingga ke yang tertinggi:
  1. Ada ide yang hebat dan belum terbukti tetapi masuk akal
  2. Sudah ada praktik yang hebat yang sudah terbukti meningkatkan hasil bisnis
  3. Ada best practice yang bersifat lokal di semua bagian perusahaan yang berbasiskan analisa data.
  4. Ada best practice yang bersifat industri, mirip dengan nomor tiga tetapi menggunakan data dengan scope industri.
Apa definisi knowledge repository dan bagaimana mengembangkannya?
Knowledge repository dalam pengertian informal adalah database, meskipun dalam pengertian formal bukanlah sistem management database. Knowledge repository adalah tempat penyimpanan knowledge yang seringkali berupa teks dan bisa saja memiliki berbagai sifat atau ciri yang sangat bervariasi.
Strukturnya bergantung pada tujuannya, jenis knowledge yang disimpannya, dan bagaimana knowledge disajikan.
Ada tiga cara dalam membuat knowledge repository: 1) dengan mengembangkan sistem berbasis internet yang sudah lazim, 2) membeli sistem management dokumen, atau 3) membeli satu paket software KM. Apapun dari ketiganya yang dipilih, sangatlah penting untuk membuat proses pemindahan knowledge dari si pemberi knowledge terasa nyaman dan mudah dan juga cara penyimpanan knowledge yang baik.

No comments:

Post a Comment