Review Topik: Gambaran Sistem Pendukung Keputusan

1. Mengapa orang berusaha untuk mempersempit definisi SPK (Sistem Pendukung Keputusan) atau DSS (Decision Support System)?

Definisi yang luas menyebabkan perbedaan pendapat tentang seperti apa sebenarnya DSS. Definisi yang lebih sempit akan menjadi lebih jelas sehingga mendorong fokus yang lebih jelas pada ciri-ciri yang umum. Definisi sempit membantu mengidentifikasi apa yang merupakan SPK/DSS dan apa yang bukan SPK/DSS. 

2. Apa salah satu definisi SPK/DSS yang bisa suguhkan?

Salah satu definisinya adalah: "Suatu sistem informasi yang tujuan utamanya adalah untuk mendukung pengguna (para pekerja pengetahuan) membuat keputusan yang tak-terstruktur pada hal-hal tertentu." Definisi orang bisa saja bervariasi, berbeda orang beda definisi.

3. Bagaimana suatu sistem bisa dijelaskan sebagai SPK/DSS?

Tiga komponen utama dalam sistem adalah: data, model, dan user interface.
  • Data mengacu pada informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan, biasanya disimpan dalam database, dan bagaimana data tersebut diatur dan dikelola oleh DBMS.
  • Model mengacu pada model yang digunakan untuk menganalisis data dan memprediksi hasil keputusan, serta perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola penggunaan model di DSS.
  • User interface mengacu pada cara manajer atau pengguna supaya bisa menggunakan sistem untuk mendukung kebutuhan nya pengambilan keputusan tanpa harus menjadi ahli dalam teknologinya.

No comments:

Post a Comment