Review Topik: Hardware Sistem Pendukung Keputusan

1. Mengapa pilihan-pilihan hardware dan software SPK/DSS seringkali didasarkan pada sistem yang sedang berjalan pada perusahaan?

Kebanyakan MSS (management support systems), termasuk SPK/DSS, menggunakan hardware standar. Sistem-sistem itu biasanya tidak menganjurkan akuisisi sistem baru yang dioptimalkan untuk kebutuhan mereka. Akuisisi baru terbatas pada hardware dan software yang spesifi pada SPK/DSS, seperti storage untuk data warehouse atau paket perangkat lunak prediksi.

2. Apasaja PC dan perangkat mobile yang bisa digunakan si pengambil keputusan untuk tersambung ke suatu SPK/DSS?

Semua PC, apakah itu Windows, Mac OS atau Linux, mendukung browser Web dan karena itu dapat terhubung ke SPK/DSS berbasis Web. Perangkat mobile termasuk laptop menggunakan salah satu OS di atas, PDA (biasanya menjalankan Windows CE atau Palm OS) dan ponsel juga bisa.

3. Apa saja pilihan perangkat keras yang potensial untuk implementasi SPK/DSS?

SPK/DSS itu sendiri dapat berjalan pada sistem klien, pada server (tujuan umum atau server aplikasi khusus) atau pada mainframe. Model-model yang kompleks biasanya berjalan pada hardware yang cepat, yang tidak termasuk sebagian besar PC.

4. Apa saja alasan mengapa Web digunakan untuk pengembangan dan penerapan SPK/DSS?

Hal ini sangat familiar bagi pengguna, yaitu karena mendukung antarmuka browser yang sudah populer, didukung oleh berbagai macam tool perangkat lunak, memfasilitasi komunikasi antara bagian-bagian dari SPK/DSS yang ditempatkan di komputer-komputer yang berbeda, dan dapat diakses dari mana pun pengguna berada.

Daftar link terkait review topik: Konsep Sistem Pendukung Keputusan, Metodologi, dan Teknologi:

No comments:

Post a Comment