Review Topik: Konfigurasi Sistem Pendukung Keputusan

1. Apa saja dan jelaskan tentang tiga komponen utama dari Sistem Pendukung Keputusan (SPK atau DSS).

Tiga komponen utama adalah: data, model, dan user interface.
  • Data mengacu pada informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan, biasanya disimpan dalam database, dan bagaimana data tersebut diatur dan dikelola oleh DBMS.
  • Model mengacu pada model yang digunakan untuk menganalisis data dan memprediksi hasil keputusan, serta mengacu ke perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola penggunaan model di dalam SPK atau DSS.
  • User interface mengacu pada cara seorang manajer atau si pengguna yang menggunakan sistem untuk mendukung kebutuhannya dalam proses pengambilan keputusan tanpa harus menjadi ahli dalam hal teknologinya.
2. Apa saja piranti untuk pemodelan yang dapat digunakan untuk membuat model? 

Suatu piranti untuk pemodelan yang umum digunakan adalah Microsoft Excel. Namun, karena SPK/DSS juga berkaitan dengan masalah-masalah semi-terstruktur dan tak-terstruktur, maka itu seringkali perlu untuk menyesuaikan model dengan menggunakan berbagai piranti pemrograman dan bahasa-bahasa pemrograman. Beberapa contoh dalam hal ini adalah bahasa pemrograman .NET Framework, C ++, dan Java. Software OLAP juga dapat digunakan untuk berkolaborasi dengan model-model yang digunakan dalam analisis data.


3. Model memainkan peran kunci dalam SPK/DSS. Mengapa? Jelaskan bagaimana model ada di dalam paket spreadsheet seperti Excel.

Paket-paket spreadsheet seperti Excel memasukkan model-model built-in untuk situasi umum, terutama tentang keuangan. Misalnya, Model Excel tentang pembayaran cicilan rumah bisa memberitahu si calon pembeli rumah pembayaran bulanan yang seperti apa yang diterapkan untuk cicilan dari utang pokok yang sudah ditentukan, durasi cicilan, dan tingkat suku bunga yang diberikan. Jika angka ini terlalu tinggi si pembeli kemudian dapat mencari rumah yang lebih murah atau bisa membayar uang mukan yang lebih besar, memangkas biaya-biaya lain untuk membelinya, mempertimbangkan durasi pembayaran cicilan yang lebih lama, atau mungkin mengeksplorasi pilihan-pilihan yang lain.

Rumus-rumus excel juga memungkinkan para pengguna untuk membuat berbagai macam model. Sebagai contoh, suatu rumus mungkin berkaitan dengan pendapatan perusahaan di tahun n untuk pengeluaran pemasaran di tahun n-1 dan pengeluaran untuk R & D di tahun n-1 dan n-2. Dengan menggunakan suatu model keuangan seperti itu bisa memperbaiki kecenderungan manajemen untuk menangani penurunan pendapatan dengan memotong biaya-biaya yang berlebihan.

Daftar link terkait review topik: Konsep Sistem Pendukung Keputusan, Metodologi, dan Teknologi:

No comments:

Post a Comment