Review Topik Pemodelan dan Analisa: Pemodelan Sistem Pendukung Management Dengan Spreadsheet

1. Apakah yang dimaksud dengan spreadsheet?

Ada beberapa penjelasan singkat tentang spreadsheet, antara lain:

"Sebuah program yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas komputasi umum yang lebih mengutamakan menggunakan hubungan spasial dibandingkan dengan proses eksekusi sekuensial sebagai prinsip utama dalam sistem pengorganisiannya." (Wikipedia)

"Sebuah program komputer dimana angka-angka yang diatur dalam baris dan kolom dari suatu grid dapat dimanipulasi dan digunakan dalam perhitungan." (Oxford American Dictionary)

Sangat mungkin ada penjelasan lain tentang spreadsheet dari sumber lainnya.

2. Apa yang dimaksud dengan spreadsheet add-in? Bagaimana add-ins bisa membantu dan digunakan dalam DSS (Decision Support Systems atau Sistem Pendukung Keputusan)?

Spreadsheet add-ins adalah program kecil yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan dari software spreadsheet. Add-ins membantu dalam DSS karena banyak add-ins yang dirancang khusus untuk tujuan itu, seringkali dengan cara menata/menstrulturkan dan memecahkan jenis-jenis model tertentu.

3. Jelaskan mengapa spreadsheet sangat enak untuk digunakan dalam DSS (Decision Support Systems atau Sistem Pendukung Keputusan).

Spreadsheet sangat enak digunakan untuk DSS karena menyediakan cara yang mudah dipahami untuk perhitungan dan biasanya menggabungkan banyak fungsi pemodelan yang kuat.

Contoh model sederhana statis dengan menggunakan excel:
penghitungan sederhana cicilan hutang

Contoh model dinamis menggunakan excel: pembayaran cicilan bulanan secara dinamis

Daftar link terkait review topik: pemodelan dan analisa:

No comments:

Post a Comment