Evaluasi Infrastruktur Enterprise: Langkah 2 Dalam Siklus Hidup Proyek Pengembangan BI

Tahap 2: Perencanaan

Langkah 2: Evaluasi Infrastruktur Enterprise/Perusahaan

Beberapa aktivitas dalam evaluasi infrastruktur
Kegiatan evaluasi infrastruktur teknis tidak perlu dilakukan secara linear. Gambar disamping menunjukkan dua kegiatan yang dapat dilakukan secara bersamaan. Berikut di bawah adalah menjelaskan kegiatan yang berhubungan dengan Langkah 2, yaitu: Evaluasi Infrastruktur Teknis.

1. Menilai platform yang ada.

Review-lah platform yang ada dalam hal hardware, middleware, DBMS, dan tools. Hal ini penting untuk mengevaluasi saling ketergantungan berbagai macam tool untuk berbagai keperluan yang berbeda, seperti saling ketergantungan antara tool untuk pelaporan multidimensi dan tool untuk query ad hoc. Selain itu, review-lah arsitektur jaringan yang ada. Salah satu hambatan terbesar saat ini, terutama dalam organisasi dengan aplikasi dengan sistem desentralisasi, adalah kurangnya bandwidth dan kapasitas yang terbatas untuk pertumbuhan jaringan.

2. Evaluasi dan pilih produk-produk baru.

Setelah menilai platform yang ada, identifikasilah jenis-jenis hardware baru, software, atau komponen jaringan yang Anda harus dapatkan. Jika platform hardware yang ada tampaknya cukup, pastikan untuk menentukan bahwa itu akan dapat memberikan produktivitas dan kinerja yang diharapkan oleh organisasi. Libatkan perwakilan bisnis dan pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan dengan memasukkan mereka dalam peer review selama proses seleksi.

3. Tulislah laporan penilaian infrastruktur teknis.

Kompilasikan semua temuan tentang platform yang ada dalam laporan. Jelaskan kekuatan dan kelemahan dari hardware saat ini, middleware, DBMS, dan tools, dan berikan daftar komponen infrastruktur teknis yang belum ada yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan proyek.

4. Perluas platform saat ini.

Setelah Anda menentukan produk baru mana yang harus diperoleh, Anda dapat memulai proses mengevaluasi, memilih, memesan, menginstal, dan menguji mereka.

Seri Siklus Hidup Proyek Pengembangan BI (Business Intelligence):

No comments:

Post a Comment