Model Warna Dalam Komputer


Model atau metodologi yang digunakan untuk menentukan warna dalam istilah komputer adalah RGB, HSB, HSL, CMYK, CIE, dan masih ada lagi yang lainnya 

RGB disebut juga additive color. Warna dihasilkan dengan menggabungkan sumber cahaya berwarna dalam tiga warna utama: merah, hijau, dan biru (RGB).

CMYK disebut juga substractive color. Warna dibuat dengan menggabungkan media berwarna seperti cat atau tinta yang menyerap (substract) beberapa bagian spektrum warna cahaya dan memantulkan yang lain kembali ke mata. Empat warna untuk printing cyan, magenta, kuning dan hitam (CMYK)

Dalam model HSB (hue, saturation, brightness) dan HSL (hue, saturation, lightness), kita menetapkan rona (hue) atau warna sebagai sudut dari 0 hingga 360 derajat pada roda warna, dan saturasi, kecerahan, dan kecerahan sebagai persentase. Saturasi adalah intensitas warna. Pada 100 persen saturasi warna menjadi murni; pada saturasi 0 persen, warnanya putih, hitam, atau abu-abu. Lightness atau brightness adalah persentase hitam atau putih yang dicampur dengan warna. Lightness 100 persen akan menghasilkan warna putih; 0 persen akan menghasilkan warna hitam; warna murni memiliki lightness 50 persen.

Model warna lainnya antara lain adalah CIE, YIQ, YUV, dan YCC. 

CIE menggambarkan nilai warna dalam hal frekuensi, saturasi, dan pencahayaan (biru / kuning atau merah / hijau, yang pada gilirannya sesuai dengan reseptor warna di kerucut mata). 

CIE lebih mirip dengan bagaimana manusia merasakan warna, tetapi perangkat tertentu seperti pemindai tidak dapat mereplikasi proses ini. 

YIQ dan YUV dikembangkan untuk siaran TV (komposit NTSC). Keduanya didasarkan pada luminance dan chrominance yang dinyatakan sebagai amplitudo gelombang dan fase gelombang relatif terhadap referensi tertentu. Detail disajikan oleh luminance (hitam dan putih), sehingga pengurangan warna tidak mengakibatkan hilangnya detail definisi gambar. Proses analog ini dapat diterjemahkan ke nilai angka sehingga komputer dapat menggunakan palet untuk menetapkan warna ke piksel. 

Model Photo YCC dikembangkan oleh Kodak untuk memberikan definisi yang memungkinkan representasi konsisten gambar warna digital dari negatif, slide, dan input berkualitas tinggi lainnya. YCC digunakan untuk gambar-gambar PhotoCD.


Link terkait

No comments:

Post a Comment