Palet Warna Dalam Sistem Komputer

Palet-palet warna adalah tabel matematika yang menentukan warna piksel yang ditampilkan di layar. Palet yang paling umum adalah kedalaman 1, 4, 8, 16, dan 24 bit seperti dalam gambar berikut:
kedalaman warna vs ketersediaan warna
Ketika monitor berwarna mulai tersedia pada layar komputer, untuk mengelola perhitungan dalam menampilkan warna sangatlah membebani perangkat keras dan memori yang tersedia pada saat itu. Gambar 8-bit, yang berarti memiliki 256-warna, menggunakan tabel lookup warna atau palet adalah suatu hal yang terbaik yang bisa dilakukan oleh komputer. 256 warna yang dijadikan sistem default ditentukan berdasarkan statistik oleh para engineer di Apple dan Microsoft (yang bekerja secara independen) untuk menjadi warna dan corak yang paling "populer" untuk gambar-gambar foto; kedua sistem palet mereka (Apple & Microsoft) tentu saja berbeda. Silahkan lihat gambar di bawah untuk membandingkan sistem palet dari Macintosh (Apple) vs Windows (Microsoft) vs Web-Safe.
Para pemegang otoritas web juga memutuskan dengan palet 216 warna yang disebut dengan palet "web-safe" yang akan memungkinkan browser untuk menampilkan gambar dengan baik pada komputer Macintosh dan Windows.

Sistem palet Macintosh vs Windows vs Web-Safe
GIF & PNG

File-file GIF yang menggunakan palet 256-warna disimpan dalam format lossless. Format PNG juga menggunakan palet-palet (24-bit atau 32 bit jika mask "alpha" dimasukkan untuk transparansi), dan termasuk ke dalam format lossless. Format ini (PNG) dikembangkan untuk Internet (dan hanya mendukung model warna RGB) untuk memperluas 256 warna GIF yang terbatas sehingga menjadi jutaan warna.

Dalam sistem warna 24-bit, komputer kita akan bekerja melalui tiga channel yang masing-masing channel terdiri dari 256 warna berbeda dari setiap warna (merah, hijau, dan biru) yang direpresentasikan sebagai tiga sumbu dari suatu kubus. Ini menjadikan total sebanyak 16.777.216 warna (256 × 256 × 256). Kisaran warna yang ditawarkan oleh sistem 24-bit sudah mencakup apa yang bisa dirasakan oleh mata manusia.


Link terkait:

No comments:

Post a Comment