Skip to main content

Sejarah Multimedia

Sejarah singkat penggunaan multimedia untuk mengkomunikasikan ide mungkin dimulai dengan surat kabar, yang mungkin merupakan media komunikasi massa pertama, menggunakan teks, grafik, dan gambar.
  • Gambar bergerak awalnya dibuat pada tahun 1830-an untuk mengamati gerak yang terlalu cepat untuk dilihat oleh mata manusia.
  • Thomas Alva Edison menyatakan penemuan kamera gambar pada tahun 1887.
  • Film-film dengan silent feature muncul dari 1910 hingga 1927; era silent secara efektif berakhir dengan rilis The Jazz Singer pada tahun 1927.
  • Pada tahun 1895, Guglielmo Marconi mengirim transmisi radio nirkabel pertamanya di Pontecchio, Italia.
  • Beberapa tahun kemudian (1901), ia mendeteksi gelombang radio berseri-seri melintasi Atlantik. Awalnya diciptakan untuk telegraf, kemudian radio sekarang menjadi media utama untuk penyiaran audio.
  • Pada tahun 1909, Marconi berbagi Hadiah Nobel untuk fisika. (Reginald A. Fessenden, dari Quebec, mengalahkan Marconi berkat transmisi suara manusia selama beberapa tahun, tetapi tidak semua penemu menerima kredit-nya tepat waktu saat jatuh tempo. Meskipun demikian, Fessenden dibayar $ 2,5 juta pada tahun 1928 untuk paten-paten purloined-nya.)
  • Televisi adalah media baru untuk abad kedua puluh. Itu menetapkan video sebagai media yang umum tersedia dan sejak itu telah mengubah dunia komunikasi massa.
Koneksi antara komputer dan gagasan tentang multimedia sebenarnya hanya terjadi dalam periode yang relatif singkat:
  • 1945 Sebagai bagian dari musyawarah MIT pascaperang tentang apa yang harus dilakukan dengan para ilmuwan yang dipekerjakan pada upaya perang, Vannevar Bush (1890-1974) menulis sebuah artikel yang menggambarkan apa yang akan menjadi sistem hypermedia, yang disebut "Memex." Memex dimaksudkan untuk menjadi perangkat memori yang berguna secara umum dan personal yang bahkan memasukkan konsep link asosiatif - ini adalah pelopor World Wide Web. Setelah Perang Dunia II, 6.000 ilmuwan yang telah bekerja keras dalam upaya perang tiba-tiba menemukan diri mereka punya waktu untuk mempertimbangkan masalah-masalah lain, dan gagasan Memex adalah salah satu buah dari kebebasan baru itu.
  • 1960 Ted Nelson memulai proyek Xanadu dan menciptakan istilah "hypertext." Xanadu adalah upaya pertama pada sistem hypertext - Nelson menyebutnya sebagai "tempat ajaib"
  • 1967 Nicholas Negroponte membentuk the Architecture Machine Group.
  • 1968 Douglas Engelbart, sangat dipengaruhi oleh Vannevar Bush, menunjukkan "On-Line System" (NLS), program hiperteks awal lainnya. Engelbart's group di Stanford Research Institute yang bertujuan untuk "augmentasi, dan bukan otomatisasi," untuk meningkatkan kemampuan manusia melalui teknologi komputer. NLS terdiri dari ide-ide kritis seperti outline editor untuk pengembangan ide, link hypertext, telekonferensi, pemrosesan kata, dan email, dan memanfaatkan mouse pointing device, windowing software, dan help systems.
  • 1969 Nelson dan van Dam di Brown University menciptakan editor hiperteks awal yang disebut FRESS. Proyek Intermedia saat ini oleh he Institute for Research in Information and Scholarship (IRIS) di Brown adalah turunan dari sistem awal itu.
  • 1976 The MIT Architecture Machine Group mengusulkan proyek berjudul "Multiple Media." Ini menghasilkan Aspen Movie Map, videodisc hypermedia pertama, pada tahun 1978.
  • 1985 Negroponte dan Wiesner mendirikan MIT Media Lab, sebuah lembaga penelitian terkemuka yang menyelidiki video digital dan multimedia.
  • 1989 TimBerners-Lee mengusulkan World Wide Web ke Dewan Eropa untuk Penelitian Nuklir (CERN).
  • 1990 Kristina Hooper Woolsey mengepalai Apple Multimedia Lab, dengan 100 staf. Pendidikan adalah tujuan utama.
  • 1991 MPEG-1 disetujui sebagai standar internasional untuk video digital. Pengembangan selanjutnya diterapkan pada standar yang lebih baru, MPEG-2, MPEG-4, dan MPEG lebih lanjut, pada tahun 1990-an.
  • 1991 Pengenalan PDA pada tahun 1991 memulai periode baru dalam penggunaan komputer pada umumnya dan multimedia pada khususnya. Perkembangan ini berlanjut pada tahun 1996 dengan pemasaran PDA pertama tanpa keyboard.
  • 1992 JPEG diterima sebagai standar internasional untuk kompresi gambar digital. Pengembangan lebih lanjut sekarang telah mengarah ke standar JPEG baru.
  • 1992 Multicast audio MBone pertama di jaringan (net) dibuat.
  • 1993 The University of Illinois National Center for Supercomputing Applications (Pusat Nasional Universitas Illinois untuk Aplikasi Superkomputer) membuat NCSA Mosaic, browser pertama, dan meluncurkan era baru dalam akses informasi Internet.
  • 1994 Jim Clark dan Marc Andreessen menciptakan program Netscape.
  • 1995 Bahasa JAVA dibuat untuk pengembangan aplikasi platform-independen.
  • 1996 DVD video diperkenalkan; film berkualitas tinggi dan berdurasi penuh didistribusikan pada satu disk. Format DVD menjanjikan untuk mentransformasi industri musik, game, dan komputer.
  • 1998 XML 1.0 diumumkan sebagai Rekomendasi W3C.
  • 1998 Perangkat genggam MP3 pertama kali membuat terobosan ke selera konsumen di musim gugur, dengan pengenalan perangkat memegang 32 MB memori flash.
  • 2000 Ukuran World Wide Web (WWW) 2000 diperkirakan lebih dari 1 miliar halaman.
  • ... bisa dilanjutkan ke paska tahun 2000: multimedia berbentuk media sosial, kemudian berbasis mobile app, dst ke multimedia advanced seperti berbasis wearable device, VR/AR, Hologram, IoT, dll.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Binding dalam Bahasa Pemrograman dan Kapan Terjadinya

Binding dimaksudkan sebagai pengikatan (association) antara suatu entity dengan atributnya, misalnya binding/pengikatan antara suatu variable dengan tipe datanya atau dengan nilainya, atau dapat juga antara suatu operasi dengan simbol, misalnya simbol + dikenali sebagai operasi penjumlahan atau simbol ^ dikenali sebagai operasi pangkat, dll.  Peristiwa binding dan kapan terjadinya binding (biasanya disebut dengan binding time ) berperan penting dalam membicarakan semantics suatu bahasa pemrograman. Beberapa kemungkinan binding time adalah:

Latihan Soal Jawab Matematika Diskrit

Berikut di bawah ini adalah latihan soal jawab untuk matematika diskrit dengan topik-topik: Pernyataan Logika Circuits dan Ekspresi Boolean Argumen (valid/tidak valid) Teori Himpunan Permutasi Fungsi --o0o-- Pernyataan Logika 1. Buatlah tabel kebenaran untuk menentukan yang mana tautology dan yang mana contradiction dalam pernyataan logika (a) dan (b) di bawah ini: a. (p ∧ q) ∨ (∼p ∨ (p ∧ ∼q)) b.  (p ∧ ∼q) ∧ (∼p ∨ q)

Contoh proses normalisasi relasi dari UNF – 1NF – 2NF – dan 3NF

Dalam posting tulisan tentang: “Tujuan dan Manfaat Normalisasi dalam Perancangan Database” , kita sudah mempelajari tentang: “Apa itu normalisasi” dan “Mengapa kita perlu melakukan normalisasi”. Kedua pertanyaan itu sudah terjawab dalam tulisan tersebut.  Kemudian dalam posting tulisan tentang: “Konsep Ketergantungan Fungsional, Normalisasi, dan Identifikasi Primary Key dalam Perancangan Sistem Database” , kita sudah mempelajari suatu konsep penting yang digunakan untuk melakukan normalisasi, yaitu konsep ketergantungan fungsional yang terdiri dari ketergantungan penuh, ketergantungan parsial atau sebagian, dan ketergantungan transitif. Proses normalisasi pertama-tama dilakukan dengan mengidentifikasi adanya ketergantungan-ketergantungan tersebut dalam relasi-relasi dan kemudian menghilangkannya. Cara melakukan normalisasi, mengidentifikasi berbagai macam ketergantungan, dan menghilangkan ketergantungan pada relasi-relasi bisa dipelajari ulang dalam postingan tulisan di at