Diferensiasi Produk
Di era digital sekarang ini, bisnis umumnya menggunakan sistem informasi untuk mengaktifkan produk dan layanan baru, atau untuk mengubah dan meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan produk dan layanan yang ada. Misalnya,
- Google terus-menerus memperkenalkan layanan pencarian baru dan unik di situs Web-nya, seperti Google Maps.
- Dengan membeli PayPal, sistem pembayaran elektronik, pada tahun 2003, eBay memudahkan pelanggan untuk membayar penjual dan memperluas penggunaan pasar lelangnya.
- Apple menciptakan iPod, pemutar musik digital portabel yang unik, dan ditambah layanan musik Web online yang unik di mana lagu-lagu dapat dibeli masing-masing dengan harga $ 0.69 hingga $ 1,29. Apple terus berinovasi dengan iPhone multimedia, komputer tablet iPad, dan pemutar video iPod.
Saat ini para produsen dan pengecer menggunakan sistem informasi untuk membuat produk dan layanan yang disesuaikan dan dipersonalisasi agar sesuai dengan spesifikasi yang tepat para pelanggan individu. Misalnya, Nike menjual sepatu kets khusus melalui
Program NIKEiD di situs Web-nya. Pelanggan dapat memilih jenis sepatu, warna, bahan, sol luar, dan bahkan suatu logo hingga delapan karakter. Kemudian Nike mengirimkan pesanan melalui komputer/internet ke pabriknya yang sudah dilengkapi peralatan khusus di Cina dan Korea.
Sepatu kets tersebut hanya dikenakan biaya tambahan $ 10 dan memakan waktu sekitar tiga minggu untuk sampai ke pelanggan. Kemampuan untuk menawarkan produk atau layanan yang dirancang secara individual menggunakan sumber daya produksi yang sama dengan produksi massal disebut mass customization (kustomisasi massal).
Comments
Post a Comment