Mempersiapkan Proses Delivery Proyek Multimedia

Jika proyek multimedia kita yang sudah selesai akan dikirim ke konsumen atau ke lien yang akan menginstal proyek di banyak komputer, kita harus menyiapkan file-file kita sehingga dapat dengan mudah ditransfer dari media kita ke platform pengguna. Seringkali hanya dengan cara me-copy file-file proyek ke hard disk pengguna tidaklah cukup untuk proses instalasi yang benar; seringnya adalah bahwa kita juga perlu menginstal sistem khusus dan file-file run-time.

Supaya pengguna akhir dapat dengan mudah dan otomatis mengatur proyek kita atau aplikasi di komputer mereka sendiri, kita mungkin perlu menyediakan satu program yang bertindak sebagai penginstal.
CATATAN: Pekerjaan untuk menyediakan dan menulis instalasi yang tepat bukanlah suatu hal sepele. Pastikan kita menyisihkan waktu yang memadai dalam penjadwalan dan uang dalam anggaran kita sebagai bagian dalam anggaran pemrograman untuk menulis dan menguji program instalasi untuk platform proyek kita.
Sangatlah penting untuk menyediakan dokumentasi yang ditulis dengan baik tentang instalasi proses sehingga pengguna memiliki prosedur langkah demi langkah yang jelas untuk diikuti. 

Dokumentasi itu harus mencakup diskusi tentang masalah potensial dan kendala yang terkait dengan berbagai macam platform yang menjadi target kita. Karena kita kemungkinan tidak akan memiliki kontrol atas spesifikasi dan konfigurasi platform pengguna, jadi sangatlah penting bahwa kita memasukkan peringatan yang sesuai dalam dokumen instalasi, seperti contoh berikut:
  • Harus memiliki setidaknya 1GB RAM
  • Tidak akan berjalan kecuali QuickTime diinstal terlebih dahulu
  • Memiliki minimal 3MB ruang disk drive yang tersedia
  • Nonaktifkan semua screen saver sebelum dijalankan
  • Lakukan back-up versi yang lebih lama sebelum menginstal pembaruan ini

No comments:

Post a Comment