Proses Analisa Ide Dalam Project Multimedia

Secara umum project multimedia dimulai dengan tahap perencanaan dan pembiayaan (planning and costing). Tahap perencanaan ini umumnya berisi perencanaan dari keseluruhan proses yang diawali dengan suatu ide/gagasan sampai dengan produk akhir. Dalam proses analisa ide pada dasarnya dibagi menjadi beberapa poin analisa :

1. Analisis kebutuhan
Di dalam analisis kebutuhan kita mencari apa yang lagi dibutuhkan pasar saat ini. Agar nantinya hasil produk kita dapat berkembang di pasaran.
2. Analisis biaya
Menganalisis biaya juga dibutuhkan dalam pembuatan multimedia. Biaya yang akan di keluarkan seharusnya kita perhitungkan dahulu. Seberapa besar pengeluaran yang dibutuhkan untuk pembuatan multimedia? Seberapa besar kita keluarkan biaya untuk membayar tenaga kerja?
3. Analisis konten
Analisis konten ini lebih kepada apa yang akan ada di dalam multimedia kita. Dan analisis ini lebih kepada apa yang akan disampaikan ke pada konsumen.
4. Analisis market/pasar
Sedangkan analisis pasar ini lebih kepada akan ditujukan kepada siapakah proyek yang akan kita buat ini? Apakah remaja? dewasa? atau mungkin ke semua umur.
5. Analisis teknologi
Analisis teknologi ini lebih kepada teknologi apa yang ada didalamnya. Apakah hanya berisi teks saja? atau ada unsur – unsur multimedia lain?
6. Analisis media penyampaian
Analisis media penyampaian menentukan lewat manakah penyampaian informasinya. Apakah lewat e-mail? sms ? atau cukup hanya dengan brosur.

No comments:

Post a Comment