Area Penerapan Bahasa-bahasa Pemrograman Logic (Logic Programming Languages)

Penerapan-penerapan Logic Programming
  • Relational database management systems (RDBMSs) menyimpan data dalam bentuk table. Queries terhadap databases sering dinyatakan dalam Structured Query Language (SQL). SQL adalah non-procedural dengan pengertian yang sama bahwa logic programming juga non-procedural. Pengguna tidak perlu mendeskripsikan bagaimana hasil diperoleh; melainkan, hanya menyatakan karakteristik dari hasil yang diinginkan.
  • Expert systems adalah computer systems yang dirancang untuk meniru kepakaran manusia dalam domain tertentu. Expert system terdiri dari database berisi facts, inferencing process, dan heuristics terkait domain, serta friendly interface yang menjadikan system seolah olah konsultan ahli. Prolog dapat dan telah digunakan untuk mewujudkan expert systems.
  • Natural language processing tertentu dapat diwujudkan dengan logic programming. Interface berupa natural language terhadap software systems, seperti intelligent databases dan intelligent knowledge based systems lainnya, dapat dengan mudah dilakukan dengan logic programming.

No comments:

Post a Comment