Serba-serbi Wawasan Knowledge Management (4)

MAKE: Most Admired Knowledge Enterprises

MAKE adalah kajian tahunan yang dikelola oleh Teleos – sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang ‘independent knowledge management and intellectual capital research’ – yang terkait dengan jaringan MAKE untuk mengidentifikasi  praktisi-praktisi terbaik dalam KM (Knowledge Management). Panel yang terdiri para eksekutif senior dan para pakar KM dan intellectual capital seluruh dunia  bekerja sama dalam memilih para pemenang MAKE. Panel tersebut memberi nilai organisasi-organisasi diseluruh dunia terhadap framework MAKE yang terdiri dari delapan dimensi utama performa knowledge yang dianggap sebagai pendorong terhadap keunggulan kompetitif. Kedelapan dimensi utama terhadap performa knowledge tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Menciptakan kultur korporat yang berbasis knowledge
  2. Mengembangkan knowledge workers melalui kepemimpinan manajemen senior
  3. Mendorong inovasi
  4. Memaksimalkan asset intelektual perusahaan
  5. Menciptakan lingkungan untuk berbagi knowledge bersama
  6. Memfasilitasi pembelajaran organisasi
  7. Menghasilkan value yang berbasiskan knowledge para pemangku kepentingan
  8. Mengubah knowledge perusahaan menjadi suatu value bagi stockholder/stakeholder
Para pemenang dari kajian tahunan MAKE yang ke-11 sudah diumumkan pada Desember 2008. Selama dua tahun berturut-turut, McKinsey & Company dianugerahi sebagai pemenang Global MAKE. Berikut adalah daftar dari semua pemenang kompetisi Global MAKE tahun 2008:
  1. McKinsey & Company
  2. Google
  3. Royal Dutch Shell
  4. Toyota
  5. Wikipedia
  6. Honda
  7. Apple
  8. Fluor
  9. Microsoft
  10. PricewaterhouseCoopers
  11. Ernst & Young
  12. IBM
  13. Schlumberger
  14. Samsung Group
  15. BP
  16. Unilever
  17. Accenture
  18. Tata Group
  19. Infosys Technologies
  20. APQC
Menurut Rory Chase, direktur pelaksana Teleos, organisasi-organisasi tersebut telah terbukti sebagai pemimpin global dalam mengubah secara efektif knowledge perusahaan menjadi ide-ide, produk-produk, dan solusi yang menciptakan kesejahteraan. Mereka membangun portfolio asset-aset intelektual dan intangible lainnya yang mendorong kinerja mereka mengungguli  para pesaing mereka saat ini dan di masa mendatang. Beberapa temuan dalam kajian MAKE tahun 2008 antara lain:
  • Organisasi-organisasi yang berbasis knowledge secara signiifikan mengungguli para competitor mereka.  Selama kurun waktu 10 tahun antara tahun 1997-2007, total return ke para pemegang saham bagi para pemenang Global MAKE 2008 adalah lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan nilai tengah dari perusahaan yang masuk dalam Fortune 500 company.
  • Kemampuan untuk berinovasi dan memaksimalkan asset intelektual perusahaan terlihat sebagai keunggulan kompetitif di berbagai sector bisnis
  • Sebagai akibat dari globalisasi, sector bisnis utama hanya akan memiliki tiga hingga lima pemeimpin global hingga 2010

Sources: A. Thomas, “The Blobal MAKE Awards – 2008,” Project Management Tips, 2009, pmtips.net/make-awards-2008 (accessed June 2009); and The MAKE Network, knowledgebusiness.com (accessed June 2009).

No comments:

Post a Comment