MAKE: Most Admired Knowledge Enterprises
MAKE adalah kajian tahunan yang dikelola oleh Teleos ā sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang āindependent knowledge management and intellectual capital researchā ā yang terkait dengan jaringan MAKE untuk mengidentifikasi praktisi-praktisi terbaik dalam KM (Knowledge Management). Panel yang terdiri para eksekutif senior dan para pakar KM dan intellectual capital seluruh dunia bekerja sama dalam memilih para pemenang MAKE. Panel tersebut memberi nilai organisasi-organisasi diseluruh dunia terhadap framework MAKE yang terdiri dari delapan dimensi utama performa knowledge yang dianggap sebagai pendorong terhadap keunggulan kompetitif. Kedelapan dimensi utama terhadap performa knowledge tersebut adalah sebagai berikut:
- Menciptakan kultur korporat yang berbasis knowledge
- Mengembangkan knowledge workers melalui kepemimpinan manajemen senior
- Mendorong inovasi
- Memaksimalkan asset intelektual perusahaan
- Menciptakan lingkungan untuk berbagi knowledge bersama
- Memfasilitasi pembelajaran organisasi
- Menghasilkan value yang berbasiskan knowledge para pemangku kepentingan
- Mengubah knowledge perusahaan menjadi suatu value bagi stockholder/stakeholder
- McKinsey & Company
- Royal Dutch Shell
- Toyota
- Wikipedia
- Honda
- Apple
- Fluor
- Microsoft
- PricewaterhouseCoopers
- Ernst & Young
- IBM
- Schlumberger
- Samsung Group
- BP
- Unilever
- Accenture
- Tata Group
- Infosys Technologies
- APQC
- Organisasi-organisasi yang berbasis knowledge secara signiifikan mengungguli para competitor mereka. Selama kurun waktu 10 tahun antara tahun 1997-2007, total return ke para pemegang saham bagi para pemenang Global MAKE 2008 adalah lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan nilai tengah dari perusahaan yang masuk dalam Fortune 500 company.
- Kemampuan untuk berinovasi dan memaksimalkan asset intelektual perusahaan terlihat sebagai keunggulan kompetitif di berbagai sector bisnis
- Sebagai akibat dari globalisasi, sector bisnis utama hanya akan memiliki tiga hingga lima pemeimpin global hingga 2010
Sources: A. Thomas, āThe Blobal MAKE Awards ā 2008,ā Project Management Tips, 2009, pmtips.net/make-awards-2008 (accessed June 2009); and The MAKE Network, knowledgebusiness.com (accessed June 2009).
Link-link terkait Serba-serbi wawasan knowledge management:
- Serba-serbi Wawasan Knowledge Management (1): Mitos-mitos dalam Knowledge Management
- Serba-serbi Wawasan Knowledge Management (2): Perangkap-perangkap Dalam Knowledge Management
- Serba-serbi Wawasan Knowledge Management (3): Tujuh prinsip dalam mendesain COP (Community of Practice) yang unggul
- Serba-serbi Wawasan Knowledge Management (4): MAKE: Most Admired Knowledge Enterprises
- Serba-serbi Wawasan Knowledge Management (5): Enam Kunci Sukses Knowledge Management untuk Layanan Pelanggan (Customer Service)
- Serba-serbi Wawasan Knowledge Management (6): Knowledge Management: Aktivitas Bisnis Yang Berdasarkan Kebutuhan (Demand)
Comments
Post a Comment