Beberapa Contoh Nilai/Manfaat Bisnis Ketika Menerapkan Analytics Big Data Dalam Bisnis

Pada post artikel sebelumnya, tentang: Pengenalan Singkat Tentang Big Data Analytics, dikatakan bahwa data tidak berguna apabila tidak memberikan nilai bisnis, dan supaya data mampu memberikan nilai bisnis, data harus di-analisa

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh kecil dalam penerapan analisa data dalam bisnis dan apa nilai (manfaat) bisnisnya.
  • Analisa tentang segmentasi pelanggan. 
    • Problem bisnis: Pelanggan kita berada di segmen market yang mana? Apa saja karakteristik mereka?
    • Nilai bisnis: Untuk membuat personalisasi hubungan dengan pelanggan (customer relationship) untuk kepuasan yang lebih baik dan retensi.
  • Analisa tentang kecenderungan membeli.
    • Problem bisnis: Pelanggan mana saja yang paling cenderung merespon promosi kita?
    • Nilai bisnis: Untuk membuat target yang tepat pada pelanggan berdasarkan kebutuhan mereka untuk meningkatkan 'loyalty' mereka ke lini produk kita. Selain itu, meningkatkan efisiensi 'campaign' kita dengan hanya berfokus pada orang-orang yang paling cenderung untuk merespon/membeli.
  • Analisa tentang profitabilitas pelanggan.
    • Problem bisnis: Bagaimana durasi profitabilis dari pelanggan kita?
    • Nilai bisnis: Untuk membuat keputusan interaksi bisnis individu berdasarkan pada keseluruhan profitabilitas pelanggan kita.
  • Analisa tentang deteksi kecurangan.
    • Problem bisnis: Bagaimana kita tahu transaksi mana saja yang cenderung curang?
    • Nilai bisnis: Untuk menentukan dengan cepat kecurangan dan mengambil tindakan segera untuk meminimalkan kerugian.
  • Analisa tentang pengurangan pelanggan.
    • Problem bisnis: Pelanggan mana yang berisiko untuk pergi/berhenti?
    • Nilai bisnis: Untuk mencegah kerugian karena para pelanggan utama (pelanggan yang bernilai tinggi) pergi dan membiarkan pelanggan yang bernilai rendah saja yang pergi.
  • Analisa tentang optimasi channel.
    • Problem bisnis: Channel/saluran apa yang terbaik untuk menjangkau pelanggan kita pada masing-masing segmen?
    • Nilai bisnis: Digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan berdasarkan pada prefernsi mereka dan kebutuhan kita dalam mengelola biaya.

2 comments:

  1. Wah, mantep banget nih artikelnya buat memperbaiki bisnis. Harus banyak evaluasi lagi ternyata. Thanks yah

    ReplyDelete