6 Ukuran Data Baru Yang Mungkin Belum Anda Ketahui di Era Big Data

Ukuran besarnya data di dunia saat ini adalah sesuatu yang sulit untuk diikuti dan disebut karena perlu nama atau istilah baru. Kita semua sudah akrab dengan istilah kilobyte (KB atau 1.000 byte), megabyte (MB atau 1.000.000 bytes), gigabyte (GB atau 1.000.000.000 byte) dan terabyte (TB atau 1.000.000.000.000). Untuk yang lebih dari itu, nama atau istilah yang diberikan masih relatif baru dan asing bagi kita pada umumnya. Berikut adalah tabel yang menunjukkan nama atau istilah yang muncul setelah terabyte dan selebihnya:
Tabel Ukuran Data di Era "Big Data"
Para pakar dalam industri memprediksikan bahwa sekitar 1.3 zettabytes trafik per tahun di Internet tahuan pada 2016 dan segera setelahnya kita mendapati jumlah yang lebih besar lagi. Brontobyte, yang masih belum menjadi satuan unit resmi secara internasional, tetapi sudah mulai dikenal oleh beberapa orang dalam komunitas pengukuran data, adalah 1027. Ukuran data sebesar ini bisa digunakan untuk menggambarkan jumlah sensor data yang akan kita dapat dari Internet di beberapa tahun mendatang. Dan tidak lama kemudian, gegobyte 1030 akan segera mengikuti. Berkaitan dengan pertanyaan dari mana asalnya "Big Data" yang sebesar itu dalam post sebelumnya tentang Pengertian Big Data? Berikut adalah hal-hal yang mungkin bisa kita pertimbangkan:
  • CERN large Hadron Collider menghasilkan data 1 petabyte per detik
  • Sensor-sensor dari mesin jet Boeing menghasilkan 20 terabyte data per jam
  • Database Facebook menelan lebih dari 500 terabyte data baru per hari
  • Youtube, video dengan durasi 72 jam di-upload per menit, dan menterjemahkan 1 terabyte per 4 menit.
  • Teleskop terbesar dunia yang sudah diusulkan (Square Kilometer Array telescope) akan menghasilkan 1 exabyte data per hari.
Referensi:
  • Technology Insight "The Data Size Is Getting Bigger, and Bigger (Sharda, R, Delen D, Turban E, Business Intelligence, A Managerial Perspective 3rd ed.
  • As Data Gets Bigger, What Coms after Yottabyte? (S. Higginbotham, https://gigaom.com/2012/10/30/as-data-gets-bigger-what-comes-after-a-yottabyte/ diakses 05 Feb 2017

No comments:

Post a Comment