Apa Kehandalan Sistem Manajemen Basis Data Relasional?


Sistem Manajemen Basis Data (Database Management System - DBMS) adalah suatu sistem pengorganisasian dan sistem pengolahan database pada komputer. DBMS merupakan perangkat lunak (software) yang dipakai untuk membangun basis data yang berbasis komputer. DBMS dapat membantu dalam memelihara serta mengolah data dalam jumlah yang besar, dengan menggunakan DBMS bertujuan agar tidak dapat menimbulkan kekacauan dan dapat dipakai oleh user sesuai dengan kebutuhan. 

Fungsi Utama Sistem Manajemen Basis Data (DBMS)

Sistem Manajemen Basis Data (Database Management System - DBMS) memiliki banyak fungsi. Beberapa pakar basis data, yaitu C.JDate kemudian Conolly & Begg, membuat daftar berbagai fungsi utama DBMS yang bisa di baca di link artikel berikut: Fungsi Sistem Manajemen Basis Data.

Kelebihan dan kekurangan Sistem Manajemen Basis Data (DBMS)

Sistem Manajemen Basis Data (DBMS) memiliki banyak kelebihan dan kekuranganDaftar kelebihan dan kekurangan Sistem Manajemen Basis Data berdasarkan daftar dari Conolly & Begg, bisa dibaca di link artikel berikut: Keuntungan dan Kerugian Sistem Manajemen Basis Data (DBMS)

Mengapa DBMS Relasional sangat handal?

DBMS Relasional adalah program yang melayani sistem basis data yang entitas utamanya terdiri dari tabel yang mempunyai relasi dari satu tabel ke tabel yang lain. Dengan menggunakan DBMS Relasional maka data secara konsisten akan tersimpan disuatu tabel, kemudian tabel lain yang membutuhkan data lainnya bisa dihubungkan melalui foreign key. Seperti yang kita tahu, bahwa sistem suatu database terdiri dari banyak tabel. Tabel tersebut terdiri dari banyak field yang (kolom) terdiri dari setiap baris dari tabel. Untuk membuat sistem tersebut terintegrasi maka antara satu tabel dengan tabel lainnya mempunyai hubungan yang harus dipelihara. DBMS Relasional akan menjaga hubungan tersebut dengan baik sehingga data satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Apabila terdapat data yang salah relasinya, maka DBMS Relasional akan menolak data tersebut. Dengan menggunakan DBMS akan memudahkan si pembuat program dalam melakukan coding karena dibantu langsung dan otomatis oleh DBMS Relasional.


Catatan:
Untuk belajar tentang sistem basis data lebih detail bisa dibaca kumpulan artikel tentang basis data di link berikut: https://beritati.blogspot.com/search/label/Database

No comments:

Post a Comment