Skip to main content

Kategori Robot dalam Kecerdasan Buatan

Sebagian besar robot saat ini ada dalam salah satu dari tiga kategori utama yaitu:

Pertama, Robot Manipulator, atau robot arm (lihat gambar di bawah ini). 
Robot manipulator yang digunakan untuk menumpuk tas di rak

Robot jenis ini secara fisik menempel (tidak terlepas) dari tempat kerja mereka, misalnya di area/jalur perakitan di suatu pabrik atau misalnya di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Gerakan robot manipulator biasanya melibatkan rangkaian sendi yang dapat dikontrol, yang memungkinkan robot jenis seperti itu untuk menempatkan efektor mereka di posisi apa pun di tempat kerja mereka. Robot Manipulator sejauh ini merupakan jenis robot industri yang paling umum dijumpai, dengan sekitar lebih dari satu juta unit dipasang di seluruh dunia. Beberapa robot manipulator yang bergerak (mobile) digunakan di rumah sakit untuk membantu ahli bedah. Sebagian kecil produsen mobil dapat bertahan dalam bisnis mereka tanpa robot manipulator, dan beberapa robot manipulator bahkan telah digunakan untuk menghasilkan karya seni orisinil.

Kategori kedua adalah robot bergerak (mobile). Robot mobile ini bergerak di sekitar lingkungan mereka menggunakan roda, kaki, atau mekanisme semacam itu. Mereka digunakan untuk mengirim makanan di rumah sakit, memindahkan kontainer di dermaga untuk pemuatan, dan pekerjaan-pekerjaan semacam itu. Kendaraan darat tak berawak, atau UGV (unmanned ground vehicle), atau sekarang bisa dijumpai berupa mobil/kendaraan tanpa sopir, mengemudi secara otonom di jalan, jalan tol, dan di area luar jalan. Robot penjelajah planet yang diperlihatkan dalam gambar di bawah ini menjelajahi Mars selama 3 bulan pada tahun 1997. 
Robot yang menjelajahi permukaan Mars pada July 1997
Robot NASA berikutnya adalah termasuk Mars Exploration Rovers kembar, yang mendarat pada tahun 2003 dan masih beroperasi sampai dengan enam tahun kemudian. Jenis lain dari robot bergerak adalah kendaraan udara tak berawak (UAV - unmanned air vehicle), biasanya digunakan untuk pengawasan, penyemprotan tanaman, dan operasi militer. Gambar di bawah ini menunjukkan UAV yang biasa digunakan oleh militer A.S. 
Robot predator (UAV - unmanned air vehicle) yang digunakan milter Amerika.
Kendaraan bawah air otonom (AUV - autonomous underwater vehicles) digunakan dalam eksplorasi laut yang dalam. Robot bergerak juga digunakan untuk mengirimkan paket di tempat kerja dan juga membersihkan lantai di rumah.

Jenis robot ketiga adalah kombinasi dari robot bergerak dan robot manipulator, dan sering disebut dengan robot manipulator bergerak. Ada robot yang berjenis humanoid dan menirukan bentuk tubuh manusia. Gambar di bawah ini menunjukkan dua robot humanoid awal, keduanya diproduksi oleh Honda Corp di Jepang. 
Honda P3 dan Asimo - robot humanoid generasi pertama dibuat oleh Honda
Sekarang robot humanoid paling populer adalah robot sophia yang mampu berpidato dan juga mampu berkomunikasi sangat baik dengan manusia. Robot manipulator bergerak dapat menggunakan efektor mereka lebih jauh/lebih baik dibanding dengan robot manipulator statis (robot jenis pertama), tetapi tugas mereka menjadi lebih sulit karena mereka tidak memiliki kekakuan yang disediakan oleh jangkar (tempat dimana mereka menempel).

Bidang robotika juga mencakup berbagai perangkat prostetik (misalnya anggota badan buatan, telinga, dan mata untuk manusia), lingkungan cerdas (seperti seluruh rumah yang dilengkapi dengan sensor dan efektor), dan sistem-sistem multibodi, di mana aksi robot dicapai melalui gerombolan/sekelompok kecil robot-robot yang bekerja sama.



Link terkait robotika:

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Binding dalam Bahasa Pemrograman dan Kapan Terjadinya

Binding dimaksudkan sebagai pengikatan (association) antara suatu entity dengan atributnya, misalnya binding/pengikatan antara suatu variable dengan tipe datanya atau dengan nilainya, atau dapat juga antara suatu operasi dengan simbol, misalnya simbol + dikenali sebagai operasi penjumlahan atau simbol ^ dikenali sebagai operasi pangkat, dll.  Peristiwa binding dan kapan terjadinya binding (biasanya disebut dengan binding time ) berperan penting dalam membicarakan semantics suatu bahasa pemrograman. Beberapa kemungkinan binding time adalah:

Latihan Soal Jawab Matematika Diskrit

Berikut di bawah ini adalah latihan soal jawab untuk matematika diskrit dengan topik-topik: Pernyataan Logika Circuits dan Ekspresi Boolean Argumen (valid/tidak valid) Teori Himpunan Permutasi Fungsi --o0o-- Pernyataan Logika 1. Buatlah tabel kebenaran untuk menentukan yang mana tautology dan yang mana contradiction dalam pernyataan logika (a) dan (b) di bawah ini: a. (p ∧ q) ∨ (∼p ∨ (p ∧ ∼q)) b.  (p ∧ ∼q) ∧ (∼p ∨ q)

Contoh proses normalisasi relasi dari UNF – 1NF – 2NF – dan 3NF

Dalam posting tulisan tentang: “Tujuan dan Manfaat Normalisasi dalam Perancangan Database” , kita sudah mempelajari tentang: “Apa itu normalisasi” dan “Mengapa kita perlu melakukan normalisasi”. Kedua pertanyaan itu sudah terjawab dalam tulisan tersebut.  Kemudian dalam posting tulisan tentang: “Konsep Ketergantungan Fungsional, Normalisasi, dan Identifikasi Primary Key dalam Perancangan Sistem Database” , kita sudah mempelajari suatu konsep penting yang digunakan untuk melakukan normalisasi, yaitu konsep ketergantungan fungsional yang terdiri dari ketergantungan penuh, ketergantungan parsial atau sebagian, dan ketergantungan transitif. Proses normalisasi pertama-tama dilakukan dengan mengidentifikasi adanya ketergantungan-ketergantungan tersebut dalam relasi-relasi dan kemudian menghilangkannya. Cara melakukan normalisasi, mengidentifikasi berbagai macam ketergantungan, dan menghilangkan ketergantungan pada relasi-relasi bisa dipelajari ulang dalam postingan tulisan di at